1.200 Mahasiswa Kedokteran di Mesir Raih Nilai Nol dalam Ujian Akhir

ilustrasi | foto: kompas


MUSTANIR.COM, KAIRO — Nilai “nol” adalah angka terendah yang bisa diperoleh siswa dalam sebuah ujian dan biasanya amat jarang seseorang mendapat nilai nol.

Namun, sebuah fenomena unik terjadi di Mesir, ketika sebanyak 1.200 mahasiswa kedokteran tahun keenam di Universitas Mansoura mendapatkan nilai nol dalam ujian akhir.

Keputusan memberi nilai nol ini dilakukan pihak universitas setelah membentuk komite untuk menyelidiki alasan ribuan mahasiswa itu tak mau menjawab soal ujian.

Para mahasiswa itu beralasan soal yang diberikan terlalu sulit. Pada saat ujian digelar para mahasiswa ini mengumpulkan soal dan meninggalkan ruang ujian.

Mereka lalu berkumpul di halaman kampus dan menuntut agar ujian diulang dengan soal yang berbeda. Namun, tuntutan itu ditolak pihak universitas dan Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir.

Komite penyidik mengungkapkan, para mahasiswa meninggalkan ruangan setelah ujian berlangsung 35 menit dan langsung melakukan aksi protes di halaman.

Sejumlah laporan mengatakan, soal ujian itu kemudian dikirimkan ke tiga universitas lain dan para akademisi juga memeriksa untuk menentukan level kesulitan soal ujian akhir itu.

Setelah melakukan pemeriksaan baik ketiga universitas dan para akademisi menilai soal-soal yang diberikan memiliki kesulitan standar dan tak sesulit yang diklaim para mahasiswa.

Komite menambahkan, alasan soal terlalu sulit hanya merupakan alasan para mahasiswa bisa meninggalkan ruang ujian. Dan aksi ini dianggap sebuah “perilaku yang tak bisa diterima”.

Komite melanjutkan, keputusan untuk memberikan nilai nol kepada para mahasiswa itu sudah mendapatkan persetujuan universitas dan langsung diumumkan.
(kompas.com/15/1/18)

Categories