Calon Presiden Amerika Bilang ISIS buatan Obama dan Hillary Clinton

donald-trump

Calon Presiden Amerika Bilang ISIS buatan Obama dan Hillary Clinton

Mustanir.com – Dalam sebuah kampanye kontroversial terbaru, kandidat Presiden Amerika Serikat terkuat dari Partai Republik, Donald Trump, menuding calon Presiden Amerika terkuat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dan Presiden Barack Obama bertanggung jawab atas lahirnya Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Berbicara di Biloxi, Mississippi, Trump menyiratkan bahwa pemerintahan Obama tidak memperhatikan seruannya untuk menyita aset minyak yang dikendalikan ISIS. Sebaliknya, Trump menuding Obama mengizinkan kelompok teror itu meraih kesejahteraannya.

“Mereka telah membuat ISIS. Bersama Obama, Hillary Clinton menciptakan ISIS,” kata Trump, seperti dilansir Guardian pada 3 Januari 2016.

Selain itu, Trump berkomentar tentang sengketa terbaru antara Iran dan Arab Saudi. Menurut dia, Iran ingin mengambil alih Arab Saudi.

“Di Teheran, mereka membakar Kedutaan Besar Arab Saudi,” ucapnya. “Dan yang sebenarnya adalah Iran ingin mengambil alih Arab Saudi. Mereka selalu menginginkan itu. Mereka ingin minyak. ”

Trump selama ini menuding Demokrat dan mantan presiden George W. Bush sebagai biang kerok kerusuhan di Timur Tengah, khususnya mengutip keputusan presiden untuk menyerang Irak pada 2003. Dalam beberapa pekan terakhir, dia juga sangat agresif dalam menyerang Hillary Clinton.

Dua pesaing Trump lain, Carly Fiorina dan Rick Santorum, pada November 2015 menuturkan Clinton dan Obama patut disalahkan atas perkembangan ISIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories