H&M Tarik Kaus Kaki dengan Tulisan Mirip Lafadz Allah

Toko H&M  | foto: rol


MUSTANIR.COM, RIYADH — H&M kembali menuai kontroversi dari produk yang dijualnya. Setelah boikot terhadap hoodie bertuliskan ‘Coolest Monkey in the Jungle’, perusahaan busana itu diduga menyematkan gambar mirip tulisan Allah di kaus kaki.

Tulisan tersebut ditemukan dalam sebuah kaus kaki bergambar Lego memegang bor yang sedang melakukan galian. Hasil dari galian tersebut menyerupai tulisan Arab namun tergambar terbalik dalam kaus kaki.

“Di H&M kami selalu bertujuan untuk menawarkan produk yang kami percaya akan dihargai oleh pelanggan kami,” ujar juru bicara H&M dikutip dari Independent, Selasa (30/1).

Perusahaan Swedia tersebut pun telah memberikan konfirmasi jika hal tersebut hanya kebetulan dan bukan sesuatu yang disengaja. Mereka meminta maaf atas ketidaknyamanan pada pelanggan.

“Cetakan di kaus kaki ini mewakili patung Lego, namun, ada makna lain yang sama sekali kebetulan dan kami mohon maaf jika motif ini menyinggung perasaan siapa pun,” ujar juru bicara.

Kaus kaki ini dikabarkan sudah ditarik dari toko-toko H&M.

Kesalahan tersebut bukan gelombang protes pertama. Baru-baru ini kemarahan publik muncul saat perusahaan merilis foto iklan busana anak yang dianggap rasis. Publik banyak mengecam, bahkan beberapa publik figur pun ikut ambil suara karena ketidaksensitifan perusahaan pada ras tertentu.
(republika.co.id/30/1/18)

Categories