KPK Temukan Bukti Aliran Dana Suap Terkait Kasus Rommy

MUSTANIR.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim telah mengantongi bukti-bukti terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag yang menjerat mantan Ketum PPP, Romahurmuziy alias Rommy.

Bukan cuma bukti komunikasi, KPK juga telah mendeteksi bukti terkait aliran dana yang diterima Rommy dari Kakanwil Kemenag Jatim, Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi terkait jual beli jabatan.

“Dalam proses penyidikan ini kami sudah menemukan bukti bahwa ada dugaan pembicaraan dan aliran dana terhadap RMY (Rommy) yang terkait dengan pengisian jabatan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada awak media, Selasa, 26 Maret 2019.

Meski demikian, Febri enggan mengungkap lebih rinci mengenai bukti tersebut lantaran merupakan materi penyidikan. Febri menekankan, yang pasti saat ini tim penyidik akan mendalami dan menelusuri mengenai pertemuan atau komunikasi antara para pihak terkait mengenai pengisian jabatan atau aliran dana.

“Semua pertemuan-pertemuan tersangka atau komunikasi-komunikasi tersangka terkait dengan katakanlah pengisian jabatan atau pembicaraan tentang pengisian jabatan atau aliran dana itu pasti akan kami telusuri satu per satu dari para saksi yang ada,” kata Febri.

Sebelumnya, dalam mengusut kasus ini, tim penyidik memeriksa dua saksi yakni Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Kiai Asep Saifuddin Chalim dan Pegawai Kanwil Kemenag Yogyakarta Abdul Rochim.

Dalam pemeriksaan ini, imbuh Febri, penyidik mencecar Abdul Rochim soal aliran dana ihwal perkara ini. Adapun terhadap Kiai Asep, tim KPK mendalami hubungan antara Rommy dan Haris. []

Sumber: Viva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories