Pemerintah China Sebut AS Bermain Dengan Api Soal Masalah Taiwan

MUSTANIR.net – Amerika Serikat bermain dengan api dengan memberikan dukungan untuk Taiwan yang berkuasa sendiri.

Begitu penegasan pemerintah China pada hari Kamis (30/5/2019) dalam sebuah pernyataan jelang pertemuan antara Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan penjabat Menteri Pertahanan Amerika Serikat Patrick Shanahan.

Berbicara pada jumpa pers bulanan reguler, juru bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian menggambarkan hubungan militer antara Beijing dan Washington umumnya baik.

Tetapi, dikabarkan Reuters, dia mengambil nada yang jauh lebih keras ketika ditanya tentang dukungan Amerika Serikat untuk Taiwan. Masalah itu telah lama digambarkan China sebagai yang paling sensitif dalam hubungan antara kedua negara.

“Baru-baru ini, pihak Amerika Serikat terus-menerus memainkan ‘kartu Taiwan’, berusaha sia-sia untuk menggunakan Taiwan untuk mengontrol China,” kata Wu.

“Serangkaian tindakan yang telah diambil pihak Amerika Serikat adalah bermain dengan api, secara serius merusak perkembangan hubungan militer antara China dan Amerika Serikat, dan secara serius merusak perdamaian dan stabilitas di daerah Selat Taiwan,” tambahnya.

Angkatan udara, laut dan darat Taiwan diketahui melakukan latihan untuk mengusir pasukan penjajah pada hari Kamis (30/5/2019), ketika menteri pertahanannya berjanji untuk mempertahankan pulau itu dari ancaman militer China.

Washington sendiri tidak memiliki hubungan formal dengan Taipei. Namun Amerika Serikat merupakan pendukung internasional terpenting dan pemasok utama senjata ke Taiwan. []

Sumber: rmol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories