Rekayasa Lalu Lintas Aksi 22 Mei di Sekitar Bawaslu

MUSTANIR.net – Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, yang menjadi salah satu lokasi demonstrasi penolakan hasil Pemilu 2019. Rekayasa itu dilakukan sebagai respons penutupan akses di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengantisipasi aksi 22 Mei.

Dilansir dari Antara, Rabu (22/5/2019), berdasarkan keterangan resmi Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Nasser, tersedia rute alternatif buat warga yang tadinya ingin beraktivitas melewati Jalan MH Thamrin.

Berikut rekayasa arus lalu lintas Jalan MH Thamrin:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Jendral Sudirman menuju Bundaran HI di alihkan ke Jalan RM Margondo Djojohadikoesoemo.

2. Arus lalu lintas Jalan KH Mas Mansyur menuju Jalan Kebon Kacang di luruskan

3. Arus lalu lintas Jalan Fachrudin menuju Jalan KH Wahid Hasyim lurus ke Jalan KH Mas Mansyur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI di alihkan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih menuju Jalan MH Thamrin lurus ke Jalan Kebon Sirih.

6. Arus lalu lintas dari Jalan KH Wahid Hasyim menuju Jalan MH Thamrin dialihkan ke Jalan Agus Salim.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Agus Salim menuju Bundaran HI di alihkan lurus ke Jalan Sumenep karena Jalan Imam Bonjol ditutup arah KPU atau Jalan Pamekasan.

8. Arus lalu lintas Jalan Imam Bonjol menuju Bundaran HI di alihkan ke Jalan Pamekasan.

Selain itu Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas lainnya, yakni:

– Arus lalu lintas yang dari Bundaran Hotel Indonesia, yang akan menuju Jalan Imam Bonjol ditutup dialihkan ke Jalan Pamekasan atau Jalan Agus Salim.

– Arus lalu lintas yang dari Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol melalui Jalan HOS Cokroaminoto ditutup dan dialihkan ke Jalan Sumenep ke Latuharhary menuju arah Manggarai.

– Arus lalu lintas yang dari Jalan Prof Moch Yamin yang menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan menuju arah Jalan Sultan Syahril.

– Arus lalu lintas yang dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Imam Bonjol ditutup dialihkan dan diputarbalikan atau dialihkan ke Taman Suropati.

– Arus lalu lintas dari Jalan Taman Sunda Kelapa yang mau belok kiri ke Jalan Imam Bonjol ditutup dialihkan dengan diluruskan ke Taman Suropati atau belok kanan ke Jalan Diponegoro.

Demonstrasi yang awalnya terkonsentrasi di gedung Bawaslu sejak Selasa (21/5/2019), mulai menyebar ke beberapa titik di sekitar. Pada Rabu (22/5/2019), kepolisian yang berjaga mendorong kerumunan hingga terpecah ke area pemukiman.

Polda Metro Jaya telah mengamankan 58 orang diduga provokator. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan enam orang telah tewas.[]

Sumber: CNN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories