Aroma Kepentingan Asing Dibalik Pemindahan Ibu Kota

Aroma Kepentingan Asing Dibalik Pemindahan Ibu Kota

MUSTANIR.com – Salah satu wacana yang berkembang adalah tentang pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke kota lain. New Balance 996 damskie Hal ini menjadi kajian serius oleh pemerintah, dalam hal ini Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dengan target selesai pada tahun 2017. Berlanjut pada tahun 2018-2019 sudah mulai ada kegiatan terkait pemindahan pusat administrasi pemerintahan.

Adapun tempat tujuan ibu kota baru adalah kota di luar Jawa. Berita yang berkembang mengisayaratkan salah satu kota di Pulau Kalimantan menjadi tujuan ibu kota baru bagi Indonesia kedepannya.

Jika menilik sejarah, pemindahan ibu kota sudah menjadi wacana sejak 1957 oleh Presiden Soekarno, dan Palangkaraya menjadi pilihannya. Era SBY pun wacana ini sempat muncul, disusul awal-awal kepemimpinan Jokowi juga sempat muncul wacana demikian. Dan sebagaimana banyak diberitakan, hal ini sedang menjadi kajian serius dari pemerintahan Jokowi pada tahun 2017 ini.

Pemerintahan Jokowi memiliki beberapa pertimbangan tentang pemindahan ibu kota. Dari beberapa sumber yang saya baca ada empat alasan yang mendasari kebijakan ini, yaitu Jakarta yang terlalu padat, Kalimantan tidak rawan gempa, harus keluar dari Jawa dan tidak menggunakan dana APBN.

Saya melihat bukan dari sisi setuju atau tidak setuju. Asics Gel Lyte 5 Sebab semua kebijakan haruslah didasarkan pada kajian yang mendalam dan salah satu pertimbangan utama adalah untuk kesejehteraan dan kepentingan masyarakat. Untuk saat ini, saya melihat belum ada alasan kuat kebijakan ini harus diselesaikan sekarang-sekarang ini, kecuali akan jauh dari kepentingan masyarakat secara umum.

Perlu diketahui, bahwa memindahkan ibu kota tidak semudah memindahkan pasar di dalam perkotaan. Asics Hombre Perlu alasan kuat untuk menyegerakan kebijakan ini. Perrtama, pemerintah harus mempunyai energi besar, khususnya dana guna membangun infrastruktur agar kota tersebut layak menjadi ibu kota. Kedua, adalah momentum yang tepat agar kebijakan ini tidak melenceng dari rencana dan kajian di awal.

Jika pemerintah “memaksakan” untuk bisa menjalankan pemindahan dalam waktu 2-3 tahun ini ada beberapa kekhawatiran menurut saya. Nike Air Force 180 Mid Antara lain kebijakan ini akan menjadi pintu untuk menguntungkan pihak asing serta swasta bukan rakyat, pintu masuknya potensi korupsi karena ini adalah proyek yang begitu besar, momentum yang tidak tepat dan potensi adanya aroma politik.

Mengapa saya katakan menjadi pintu bagi kepentingan asing dan swasta. Sebab track record dari pemerintahan sekarang khususnya adalah selalu bergantung kepada asing dalam hal investasi dan infrastruktur. Salah satunya bisa dilihat dari proyek kereta cepat yang sedang dijalankan. Bahkan dalam beberapa sumber, ketergantungan terhadap asing juga pada sektor pembangunan pembangkit listrik, satelit, pembangunan jalan tol, pembangunan terowongan, pengadaan bahan kontruksi dan rehabilitasi jembatan, procurement ot track material and turnout fase III dan IV, dan terbaru adalah kerjasama dalam bentuk FDI (Foreign Direct Investment) dengan Australia. Dan tentu masih sangat banyak bentuk kerjasama lainnya, yang tidak lebih dari bentuk ketergantungan Indonesia kepada asing.

Selain itu keuntungan juga akan dinikmati pihak-pihak swasta. Karena dalam kebijakan pemindahan ibu kota ini, pemerintah telah mewacanakan akan mengajak swasta dalam hal dana. Jangan sampai ini adalah bentuk “ganti rugi” karena beberapa proyek besar seperti reklamasi di Jakarta terancam macet dan gagal. Sehingga pasti akan merugikan pihak swasta yang sudah terlanjur menggelontorkan begitu besar dana, oleh karenanya dibutuhkan proyek besar lainnya. Kanken Big Baratas

Ujung dari ketergantungan kepada asing dan swasta adalah dampak negatif bagi pembangunan ekonomi dalam negeri, seperti utang yang kian melambung. Juga tidak terserapnya tenaga dalam negeri, karena ada paket perjanjian yang berisi tenaga proyek sebagian dari luar negeri. Dan yang paling nampak adalah akan melebarkan pintu ketimpangan ekonomi yang sebenarnya sudah sangat mengkhawatirkan.

Kekhawatiran lainnya bagi saya adalah momentum yang tidak tepat. Sebab kondisi ekonomi Indonesia masih mempunyai pekerjaan rumah besar dan harus menjadi prioritas utama. Indonesia harus segera menyelesaikan persoalan ketimpangan ekonomi, utang negara, pertumbuhan ekonomi yang biasa dan masalah-masalah lainnya. Selain itu, kecemasan lain adalah potensi korupsi yang sangat besar.

Saat ini, sedang terjadi fenomena mengikisnya kepercayaan publik kepada lembaga hukum, khususnya lembaga anti raswah atau korupsi. Kegaduhan antar lembaga membuat energi habis memperbincangkan hal yang tidak substansi. Nike Air Max Femme Bahkan cenderung saling mengamankan lembaganya masing-masing agar kebrobokannya tidak terbongkar kepada khalayak. asics tiger uomo Ironisnya masalah ini juga menimpa lembaga yang bertugas memberantas korupsi. new balance 996 femme soldes Maka, dengan kondisi dimana tidak cepat dan mudah untuk menyelesaikannya. Adanya proyek-proyek besar akan semakin membuat koruptor-koruptor menari-menari dan menyedot uang proyek.

Terakhir, jangan sampai kebijakan pemindahan ibu kota ini “dipaksakan” dalam rangka kepentingan politik. Tidak salah jika saya mencium ada aroma politik dalam setiap wacana kebijakan oleh pemerintah. Baskets ASICS Femme Sebab, apapun “keberhasilan” dari sebuah rezim pemerintahan akan dibanggakan demi menghadapi pemilu selanjutnya. Tidak terkecuali dengan wacana kebijakan pemindahan ibu kota ini. Jangan sampai berkembang sebuah tesis, jika wacana kebijakan ini menjadi ajang kebanggaan politik dengan mengorbankan kepentingan rakyat, dan menguntungkan pihak asing, swasta dan para koruptor. nike air max thea donna Sekian.

Categories