BKSAP Sebut Kebijakan Trump, Ancaman Bagi Ekonomi Asia

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar. | foto rep


MUSTANIR.COM, JAKARTA — Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar memperingatkan negara-negara Asia terkait kebijakan proteksionisme ekonomi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ia menilai kebijakan itu ancaman dalam menggapai pertumbuhan ekonomi Asia.

“Negara-negara di Asia harus memberikan perhatian mendalam atas kebijakan ekonomi proteksionisme yang dibuat oleh pemerintah AS Donald Trump,” kata Rofi dalam acara Asian Parliamentary Assembly (APA) di Istanbul Turki, Rabu (23/11).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, kebijakan itu menjadi ancaman nyata bagi pertumbuhan ekonomi Asia dan juga global. Ia mendesak negara-negara anggota APA melakukan koordinasi kuat.

Tujuannya, ia mengatakan, mencegah dan menangani dampak kebijakan proteksionisme ekonomi AS. “Penting diperhatikan untuk dipertimbangkan, pertumbuhan ekonomi Asia ditantang oleh kebijakan proteksionisme AS,” ujar dia.

Rofi menyebut negara-negara Asia perlu mengambil tindakan penting melalui peningkatan kerja sama regional untuk mengatasi volatilitas ekonomi yang disebabkan oleh kekuatan eksternal. Asian Parliamantery Assembly (APA) ke-10 berlangsung di Istanbul, Turki pada 20-25 November 2017. APA mengusung tema Sustaining Peace and Development in Asia. (republika.co.id/24/11/2017)

Categories