Bos IMF: Indonesia Negara Dengan Ekonomi Terbesar

bos-imf-legarde

Bos IMF: Indonesia Negara Dengan Ekonomi Terbesar

Mustanir.com – Managing Director IMF Christine Lagarde mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Indonesia dinilainya akan mendapat manfaat dari liberalisasi perdagangan lebih lanjut. Bahkan, Lagarde mengatakan Indonesia akan harus mengikuti jejak Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

“Bahkan Indonesia harus terlibat lebih dalam dengan negara-negara di seluruh dunia,” ujar Lagarde, saat memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, seperti dilansir dari Wall Street Journal, Selasa (1/9/2015).

Menurut dia, indonesia telah sangat terpengaruh oleh perlambatan global karena penurunan permintaan dari pasar utama Tiongkok terhadap batu bara dan komoditas lainnya.

Selain itu, tambah dia, nilai tukar rupiah telah jatuh ke level terendah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam 17 tahun dan pertumbuhan merosot ke posisi terendah enam tahun pada kuartal kedua.

Dia pun berharap Asia dapat memimpin pertumbuhan ekonomi di tengah lambannya ekonomi dunia. Namun demikian, ketika harapan untuk memimpin pertumbuhan sedang bergaung, terjadi risiko perlambatan lebih lanjut karena volatilitas di pasar keuangan baru-baru ini.

Lagarde menyebutkan dalam sebuah pidatonya di Universitas Indonesia saat berkunjung ke negara keempat terpadat di dunia, bahwa pertumbuhan ekonomi global terancam oleh dua kekuatan. (metro/adj)

Komentar Mustanir.com

Pujian-pujian yang dilakukan oleh IMF pada Indonesia kali ini mengingatkan kita pada era Soeharto tatkala mereka melakukan pujian yang sama. Pujian ini bukannya pujian tanpa maksud, tetapi adalah pujian untuk membuai Indonesia agar mau berutang kepada IMF. Dan, kaboom, tanpa terasa utang Indonesia sudah mencapai 3000 trilyun, dan hanya akan dapat dilunasi setelah membayarnya selama 100 tahun. Masih percaya dengan pujian beracun dari IMF dan para pemberi utang lainnya?

Categories