Buat Apa Kita Bershalawat ?

Buat Apa Kita Bershalawat ?

Assalaamu’alaikum Ustadz

Mohon dibantu pertanyaan teman ini. Mengapa dalam baca an sholat kita harus mendoaakan nabi muhammad, padahal nabi Muhammad udah dapat garansi untuk masuk surga, dan yg mengajarkan sholat adalah nabi Muhamad, kenapa begitu yak

Jawaban

Wa’alaikumussalam warahmatullah .. Bismillah wal Hamdulillah ..

Perintah bershalawat kepada Nabi ﷺ ada pada waktu khusus (muqayyad) seperti saat shalat, doa, hari Jumat, dan juga pada waktu apa pun (muthlaq).

Hal itu merupakan perintah Allah ﷻ yang disampaikan dalam Al Quran, dan didetilkan dalam sunah Rasulullah ﷺ.

Allah ﷻ berfirman:

إن الله وملائكته يصلون على النَّبِيّ يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما

Sesungguhnya Allah dan malaikatNya bershalawat kepada Nabi, wahai orang-orang beriman, bershalawatlah kalian kepadanya dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56)

Jadi, seandainya miliaran umat Islam tidak bershalawat kepadanya, Nabi ﷺ tidaklah rugi, tidak berkurang kemuliaannya, apalagi Allah ﷻ dan para malaikatNya sudah bershalawat kepadanya.

Lalu buat siapa manfaat shalawat itu? Buat diri pembacanya, buat umatnya sendiri. Sebagaimana hadits Nabi ﷺ:

من صلى علي صلاة من تلقاء نفسه صلى الله بها عليه عشرا

Barang siapa yang shalawat kepadaku sekali saja, maka Allah ﷻ akan bershalawat kepadanya sebanyak 10 kali. (HR. Musim No. 384, Abu Daud No. 523, Ad Darimi No. 2814 Al Bazzar No. 3811, Al Baihaqi No. 1457)

Apa maksud Allah ﷻ bershalawat kepada orang itu?

Syaikh Abul ‘Ala Al Mubarkafuri menjelaskan:

أي عشر صلوات والمعنى رحمه وضاعف أجره

Yaitu sepuluh kali shalawat (doa), maknanya adalah kasih sayangNya dan berlipat-lipat pahala baginya. (Tuhfah Al Ahwadzi, 2/496)

Wallahu A’lam

Categories