(Tempo/Subekti)

Cegah Gelombang PHK Imbas Corona, Pemerintah Bisa Apa?

MUSTANIR.net – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, virus corona menyimpan dampak berbahaya bagi perekonomian. Salah satunya adalah peluang gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

Wabah virus corona dipercaya memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian dunia. Indonesia termasuk negara yang ekonominya rentan terpapar virus yang memiliki nama lain Covid-19 itu.

Untuk mencegah itu, pemerintah bisa apa?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu langkah yang diambil adalah dengan memberikan pembebasan pajak bagi pengusaha hotel dan restoran yang bisnisnya lesu imbas virus corona.

“Makanya pemerintah memberikan saluran keleluasaan untuk pembayaran pajak perhotelan dan restoran, sehingga diharapkan dari situ ada cashflow tambahan untuk menahan PHK,” kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Pemerintah sendiri telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 3,3 triliun untuk menambal bolong penerimaan pajak daerah karena pemberlakuan libur bayar pajak tersebut.

“Kalau pajak restoran dan hotel ditarik, maka Pemda kan ada potensi kehilangan pendapatan sebesar Rp 3,3 triliun. Nah ini yang diganti oleh pemerintah,” tandasnya.

Sumber: Detik

Categories