Empat Muslimah Ini Harus Engkau Nikahi Wahai Pemuda Muslim

Empat Muslimah Ini Harus Engkau Nikahi Wahai Pemuda Muslim

1. Perempuan yang baik agamanya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

 “Wanita dinikahi karena empat hal; hartanya, nasabnya, kecantikannya dan agamanya, Maka pilihlah karena faktor agama niscaya engkau beruntung” (HR. Al Bukhari)

 “Perempuan yang baik agamanya akan mudah untuk mendapatkan petunjuk kebenaran dan kebaikan”

2. Menyenangkan Suami dengan Betah di Rumah

Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan dia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannyadan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).

Pahala melimpah akan didapatkan oleh perempuan muslimah meskipun tetap tinggal di rumah. Tidak hanya itu, suami pun juga akan senang karena istrinya betah di rumah.

3. Penyayang dan Subur

Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam bersabda:

“Nikahilah wanita yang penyayang dan subur karena aku berbangga dengan banyaknya ummatku pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud. Hadits senada diriwayatka oleh An Nasa’i dan Ahmad)

Kalau perempuan penyayang dan subur maka suami akan semakin bersemangat untuk membangun keturunan yang akan meneruskan peradaban Islam.

4. Sebanding dalam hal Agama, dan Ilmu

Dalam haltingkatan ilmu agama ataupun ilmu dunia (pendidikan), sekarang ini banyak laki-laki yang justru tidak menjadi Kepala Rumah Tangga, karena semua di atur sang istri.

Jangan sampai seperti itu ya ukhti, karena suami memiliki qowam yang tidakhanya sekedar memimpin keluarga tapi juga membimbing dan menasihati pasangannya.

“Pandai-pandailahmemilih untuk tempat seperma kalian. Nikahilah wanita-wanita yang setara, dan nikahkanlah mereka.” (HR. Sunan Ibnu Majah)

Wallahu a’lam bish shawab.

Categories