Isteri Kita & Wanita Lain

Isteri Kita & Wanita Lain

Rasulullah SAW bersabda:

“Wanita itu aurat, maka bila ia keluar rumah, setan terus memandanginya (untuk menghias-hiasinya dalam pandangan lelaki sehingga terjadilah fitnah).” (AL hadist)

Secantik-cantiknya isteri kita, maka saat kita melihat wanita lain, maka akan terlihat lebih cantik, menawan, menarik dibandingkan isteri kita, padahal secara fakta isteri kita lebih rupawan, kenapa bisa terjadi demikian?

Itulah tipu daya setan, walaupun wanita tersebut sudah memakai pakaian Muslimah yang syar’i saat keluar rumah, maka setan menyambutnya, menghiasinya sehingga tampak menarik nan rupawan untuk dilihat khususnya para lelaki yang bukan mahramnya, apalagi yang keluar rumah tanpa menutup aurat.

Rasulullah SAW bersabda :

“Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.” (Mutafaq ‘alaih)

Imam Sufyan Ats-Tsauri pernah berkata, “Silakan kau suruh aku menjaga rumah mewah penuh harta melimpah, namun jangan kau suruh aku menjaga wanita yang tidak halal bagiku meskipun berupa budak yang hitam legam.”[Dzammul Hawa, hal. 180]

Pesan untuk laki-laki :
Takwa itulah cara untuk membebaskan diri dari fitnah ini. Dengan bekal takwa, seorang laki-laki mampu menahan pandangannya, menahan hasrat jiwanya.

Pesan untuk wanita :
Wanita itu memang lemah, namun memiliki kekuatan untuk menyebabkan para lelaki jatuh kepada kebinasaan fitnah. Rasulullah SAW mengatakan kepada para wanita di zaman beliau,

“Aku tidak melihat ada manusia yang kurang akal dan agamanya, namun mampu meluluhkan nalar lelaki perkasa selain kalian”

Ketika Allah memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada para wanita untuk menjadi fitnah terbesar di dunia, Allah juga memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada mereka untuk menjadi perhiasan termahal dunia. Rasulullah SAW bersabda,

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim: 1467)

Categories