Jika bukan karena Ulama, Manusia bagaikan Binatang

 لولا العلماء لكان الناس كالبهائم

Jika bukan karena Ulama, Manusia bagaikan Binatang

A. Mubarok
 
Dinukil dari al-Faqiih المالكي أبو الوليد الباجي (474 H) dalam kitabnya سنن الصالحين dari Imam الحسن بن يسار البصري (110 H) telah berkata beliau radhiyallahu ‘anhu:
لولا العلماء لكان الناس كالبهائم
 
(jika bukan karena ulama, manusia bagaikan binatang).
 
Perkataan tersebut menunjukkan dengan jelas posisi ulama dalam kajian Pokok-Pokok Agama dan Fiqih pada Ahlu Sunnah wal Jama’ah bahwa posisi para Ulama adalah posisi yang baik lagi terpuji. Sebagaimana sabda Rasulullah:
 
مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ
 
(barang siapa di kehendaki Allah dengan kebaikan, ia akan difahamkan oleh Allah dengan ilmu agama) [Hadits Riwayat Imam al-Bukhari dan Imam Muslim]
 
Sebab binatang adalah mereka yang makan, minum dan menjalani hidup dengan naluri serta syahwat tanpa akal. Mereka yang diberikan akal akan mengikuti kebenaran yang datang dari lisan para Ulama yang mengajarkan Islam dan Syariat-Nya.
 
Mereka yang mengikuti nalurinya untuk memperoleh kekuasaan dengan menghalalkan segala cara termasuk yang haram yakni mengadu para ULAMA, tak ubahnya seperti binatang.
 
Mereka yang mengikuti syahwatnya untuk mempertahankan kekuasaan dengan menghina para ULAMA, tak ubahnya seperti binatang.
 
Wallahu a’lam.

Categories