KH Luthfi Bashori Mengatakan Gus Sholah (Almarhum) Membela Islam

MUSTANIR.net – Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori turut berduka cita atas wafatnya KH. Sholahuddin Wahid. Kyai Lutfhi mengungkapkan bahwa dirinya dan Gus Sholah sangat akrab.

“Cukup lama saya kenal dekat Gus Sholah. Bahkan jika bertemu berdua saja, beliau selalu memanggil saya Dik Luthfi dan saya pun memanggil beliau, Mas Sholah,” katanya kepada Kiblat.net pada Ahad (02/02/2020).

Kedekatan Kyai Luthfi dengan Almarhum semakin erat saat pertama diterapkan adanya Multi Partai, pasca gerakan reformasi lengsernya Pak Harto. Saat itu, Gus Sholah bersama sang Paman, KH. Yusuf Hasyim membuat partai baru, PKU (Partai Kebangkitan Umat).

“Kedua beliau ini minta agar saya ikut membantu, dan saya menyanggupinya. Namun saya menyatakan tidak bersedia ikut dalam kepengurusan partai secara resmi. Maka sesuai janji, saya ajak Gus Sholah keliling Jawa Timur, hingga akhirnya PKU mendapat dua kursi dari Jawa Timur untuk DPR RI,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa walaupun figur Gus Sholah yang low profile, namun beliau cukup berani mengatakan ‘tidak’ terhadap suatu kemunkaran. Baik dalam dunia kemasyarakatan, keorganisasian maupun dalam tataran kenegaraan.

“Dan yang menggembirakan saya, langkah-langkah Gus Sholah itu selalu membela Islam dan dekat dengan kelompok-kelompok pergerakan Islam tanpa dibatasi sekat keorganisasian,” jelasnya.

Walaupun beliau adalah cucu pendiri NU, kata dia, namun beliau tidak fanatik buta terhadap keormasan NU. Misalnya, jika ada pengurus/struktur NU yang salah, maka dengan tegas Gus Sholah akan mengatakan salah, walaupun penyampaian dengan lembut dan datar.

“Sedangkan terhadap tokoh Islam dari ormas Non NU, jika ada langkah yang dinilai benar, maka Gus Sholah juga tidak akan segan memujinya atau mengatakan benar. Walaupun terkadang harus berseberangan dengan pandangan kalangan struktur PBNU (NU),” tuturnya.

“Bagi saya, Almarhum Gus Sholah adalah figur yang bijak dan mempunyai ketabahan yang luar biasa, hingga sulit dicari duplikat beliau,” pungkasnya.

Sumber: KIBLAT.NET

Categories