LSM Minta Pemerintah Buka Laporan Keuangan BUMN

MUSTANIR.net – Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) meminta pemerintah membuka laporan keuangan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Permintaan mereka sampaikan karena informasi soal laporan keuangan BUMN saat ini cukup minim.

Peneliti Visi Integritas Danang Widoyoko mengatakan informasi yang kurang tersebut menjadi celah korupsi di perusahaan pelat merah. Pasalnya, selama ini laporan keuangan yang bisa dilihat masyarakat secara mudah hanya milik BUMN yang melantai di bursa atau menerbitkan obligasi.

Laporan tersebut juga belum mencerminkan kondisi pengelolaan BUMN secara menyeluruh. Ia mengatakan publik berhak tahu laporan keuangan BUMN.

Pasalnya, ada modal negara di dalamnya. “Jadi, sekarang kinerja BUMN secara keseluruhan ini gelap gulita, dan biasanya tindakan korupsi ini terjadi di ruang gelap,” jelas Danang, Rabu (7/8/2019).

Padahal, peran BUMN sebagai perusahaan negara disebutnya sarat dengan kepentingan politik. Kepentingan politik tersebut, ia contohkan bisa dilihat dari jabatan komisaris BUMN yang selama ini sering diduduki oleh pihak-pihak yang berasal dari partai politik.

Tak berhenti sampai situ, proses seleksi direksi BUMN pun disebutnya terkesan cukup rahasia. Proses bisnis yang serba tertutup, lanjut dia, hanya membuat spekulasi negatif di publik.

Spekulasi ini pun bisa jadi liar ditambah dengan laporan keuangan yang terkesan disembunyikan. “Tentu publik juga bertanya-tanya, kenapa proses bisnis BUMN ini sangat tertutup sekali,” jelas dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Riset Indonesia Corruption Watch (ICW) Firdaus Ilyas mengatakan keterbukaan BUMN sangat penting agar masyarakat benar-benar bisa ikut mengawasi kinerja BUMN. Apalagi, BUMN ini erat kaitannya dengan pendapatan dan pengeluaran yang tercantum di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).[]

Sumber: CNN

Categories