Masjid Terbesar di Eropa diharapkan dapat bendung Terorisme

masjid-terbesar-di-eropa

Masjid Terbesar di Eropa diharapkan dapat bendung Terorisme

Mustanir.com – Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan salah satu masjid terbesar, Rabu (23/9). Putin juga mengundang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam peresmian Masjid Agung Moskow seluas 20 ribu meter persegi itu.

“Masjid ini akan menjadi pusat spiritual sangat penting bagi umat Islam di Moskow dan seluruh Rusia,’ ujar Putin dalam pidatonya.

Masjid itu sebetulnya telah dibangun sejak awal abad 20 oleh komunitas Tartar. Masjid yang telah melewati beragam peristiwa bersejarah kemudian direnovasi. Menyesuaikan dengan budaya kental Ortodox di Rusia, masjid ini disebut juga Masjide Katedral Moskow.

Seperti dilansir Al Arabiya Masjid ini juga menjadi pusat pendidikan dan penyebaran ide-ide humanis serta nilai-nilai Islam yang sebenarnya. Masjid kubah ini dapat menampung lebih dari 10 ribu jamaah.

Masjid ini juga diharapkan dapat melayani 20 juta muslim di Rusia saat berada di ibukota. Pembangunan masjid ini diperkirakan telah menghabiskan anggaran hingga 170 juta dolar AS. Putin berharap, masjid ini dapat menjadi pusat untuk menangkal gerakan terorisme. (rol/adj)

Categories