Mendagri Harapkan IPI Tekan Golput, Pengamat: Tingginya Golput Karena 2 Hal

foto: antara


MUSTANIR.COM, Surabaya – Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo mengharapkan peran Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) untuk menekan angka golongan putih atau masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya pada setiap pesta demokrasi.

“IPI juga harus berperan agar setiap pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah membantu agar masyarakat menggunakan hak pilihnya,” ujarnya seusai menyaksikan pelantikan pengurus IPI Jatim periode 2016-2021 di Surabaya, Jumat (6/10) malam.

Menurut dia, IPI juga mempunyai peranan sebagai pihak yang memiliki kontribusi nyata bagi pembangunan maupun kemajuan Bangsa Indonesia, salah satunya dengan berpartisipasi dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas.

Pentingnya turut menggunakan hak pilih, kata dia, diharapkan mampu membantu mencetak pemimpin yang berkualitas dan amanah sesuai pilihan rakyat karena dipilih secara langsung.

“Meski membutuhkan anggaran besar untuk memilih pemimpin, tapi harapannya tercipta pemimpin pilihan rakyat yang berintegritas, amanah, serta mampu memeratakan pembangunan,” ucap mantan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan tersebut. (cnnindonesia.com/6/10/2017)

Menurut redaktur Mustanir media, tingginya angka golput dikarenakan menurunnya tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah juga semakin ‘gerahnya’ masyarakat terhadap buruknya sistem sekuler yang diterapkan di negara ini. Sekarang ini rakyat sudah semakin cerdas, sudah semakin paham mengenai kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah.

Sebagai contoh, soal diterbitkannya Perppu Ormas yang terbukti telah memancing suara-suara kritis dari masyarakat seperti dalam Aksi 299 lalu. Ini akan semakin menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. []

Categories