Mengungkap Fakta di Balik Foto Jokowi dan Jubir HTI

Foto: @fahrihamzah

MUSTANIR.COM, JAKARTA — Tiba-tiba Fahri Hamzah mengunggah foto Joko Widodo (Jokowi) tengah berada di dalam satu ruangan bersama mantan juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto. Foto itu rupanya potret pada 2013 ketika Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Saat itu hari Selasa, 8 Januari 2013, massa HTI menyambangi Balai Kota, menuntut Pemprov DKI Jakarta tidak mengizinkan pemerintah Amerika Serikat merenovasi gedung kedutaan besarnya di Indonesia. Mereka berorasi di depan Balai Kota.

Selain itu, perwakilan HTI diterima Jokowi bersama sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam lainnya. Saat itu, Farid Wajdi, yang menjadi koordinator aksi HTI, turut menemui Jokowi.

Sedangkan Ismail, yang dimintai konfirmasi tentang foto yang diunggah Fahri, mengamini fakta itu. Kedubes AS terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, bertetangga dengan Balai Kota dan kantor Wakil Presiden.

“Protes HTI terkait kebijakan Gubernur yang mengizinkan pembangunan gedung Kedubes AS menjadi 10 lantai yang akan memuat 16 ribu staf. Ini gedung Kedubes AS terbesar ketiga setelah di Bagdad dan Islamabad,” ucap Ismail.

Terlepas dari itu, apa maksud Fahri mengunggah foto 5 tahun lalu tersebut?

“Supaya perang ideologi dihentikan, mulailah perang program. Jangan anggap hanya Jokowi yang jaga NKRI tetapi Prabowo justru telah terbukti menjaga NKRI,” kata Fahri.

Saat dimintai konfirmasi via WhatsApp, Jumat (31/8/2018), Ismail mengirimkan tangkapan layar hasil pencarian berita ‘HTI Protes Pembangunan Gedung Kedubes AS’. Dari tangkapan layar yang dikirimkan Ismail, terlihat tautan berita tahun 2013.

“Ini link beritanya,” kata Ismail.

Ismail menjelaskan sedikit perihal berita tersebut. Ismail pada 2013 menemui Jokowi, yang masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Protes HTI terkait kebijakan Gubernur yang mengizinkan pembangunan gedung Kedubes AS menjadi 10 lantai yang akan memuat 16 ribu staf. Ini gedung Kedubes AS terbesar ketiga setelah di Bagdad dan Islamabad,” ucap Ismail.

Ismail menegaskan pertemuannya dengan Jokowi beberapa tahun lalu guna menyampaikan protes pembangunan gedung Kedubes AS.

Dalam foto yang diunggah Fahri, Jokowi, yang mengenakan baju putih lengan panjang lengkap dengan kopiah hitam, duduk berdekatan dengan Ismail. Keduanya hanya terpisahkan meja kaca. Foto itu ditambahi tulisan ‘Jokowi dan Jubir HTI sebelum Ahok kalah Pilkada. Sebelum HTI dibubarkan’.
(detik.com/31/8/18)

Categories