Muḥarram Bulan Revolusi Islam

MUSTANIR.net – Muḥarram bulan hijrah, bulan pergerakan, bulan perlawanan, bulan revolusi, bulan yang menjadi awal sejarah formalisasi aqīdah dan syariat Islam secara kaffah dalam institusi politik, negara khilāfah.

17 tahun pasca peristiwa hijrah Rasūlullāh ﷺ dan sahabat dari Makkah ke Madīnah, Imam Alī bin Abī Thālib raḍiyallāhu ‘anhu mengusulkan kepada Khalīfah Umar bin Khaṭṭāb raḍiyallāhu ‘anhu untuk menetapkan peristiwa hijrah sebagai awal perjalanan kalender Islam.

Penetapan peristiwa hijrah sebagai awal penanggalan 1 Muḥarram tidak hanya bermakna spritual, juga bermakna politis.

Kenapa?

Di bulan Żūlḥijjah, musim haji yang bertepatan dengan tanggal 28 Juni tahun 622 Masehi, Rasūlullāh ﷺ resmi diangkat menjadi kepala negara lewat bai’at Aqabah II oleh 75 penduduk Madīnah, 73 laki-laki dan 2 perempuan.

Dalam ilmu politik, bai’at Aqabah disebut sebagai “kontrak sosial”. Implikasinya, berdirilah negara Madīnah. Rasūlullāh ﷺ sebagai kepala negara. Aqīdah Islam sebagai fondasi galian hukum untuk mengatur kehidupan masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan suku.

Pada tanggal 1 Muḥarram yang bertepatan dengan 16 Juli tahun 622 Masehi, Rasūlullāh ﷺ dan kaum muslimin Makkah mulai hijrah ke Madīnah untuk menjalankan isi perjanjian Aqabah. Perjalanan ini menjadi tonggak perubahan kehidupan jāhilīyyah menjadi Islami.

Di Madīnah, Rasūlullāh ﷺ membangun negara Islam dengan menerapkan syariat secara kaffah. Sepeninggal Rasūlullāh, kepemimpinan negara Islam dilanjutkan para sahabat dan generasi berikutnya. Mulai dari era Khilāfah Rasyidin, Khilāfah Umayyah, Khilāfah Abbasiyah, dan Khilāfah Utsmaniyah.

Sayang, berbagai spekulasi, propaganda, konspirasi, dan adu domba misionaris Barat lewat tangan anteknya mengakhiri paksa eksistensi negara khilāfah pada 3 Maret 1924 lalu.

Dampaknya, umat Islam dunia terbelah, tercerai berai, dibuat berkelahi satu dengan lainnya, miskin, sengsara, dibantai, dianiaya, menderita.

Tentu saja, umat Islam rindu kembali hidup sejahtera sebagaimana yang pernah terjadi di masa-masa kejayaan saat dunia berada di bawah kendali negara Islam yang diwariskan Rasūlullāh ﷺ dan para sahabat.

Maka sepantasnya di Muḥarram ini kita perkuat persatuan, lawan arus politik adu domba, perbaiki silaturahmi, saling bergandeng tangan dalam cinta berlandasan iman dan Islam, saling mengajak, nasihat menasihati untuk hijrah bareng-bareng dari sistem kufur, sistem jāhilīyyah modern “demokrasi” menuju sistem Islam kaffah di bawah naungan negara khilāfah. []

Sumber: Faisal Lohy

About Author

2 thoughts on “Muḥarram Bulan Revolusi Islam

  1. When you forget the password to lock the screen, if you do not enter the correct password, it will be difficult to unlock and gain access. If you find that your boyfriend/girlfriend is suspicious, you may have thought about hacking his Samsung phone to get more evidence. Here, we will provide you with the best solution on how to crack Samsung mobile phone password.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories