MUI Akan Rumuskan Islam Indonesia Untuk Percontohan Dunia

muslim-indonesia

MUI Akan Rumuskan Islam Indonesia Untuk Percontohan Dunia

Mustanir.com – Tema besar Munas IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Surabaya dinilai sangat tepat dalam konteks persoalan keumatan di dunia.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan, tema ‘Islam Wasathiyyah Untuk Dunia yang Berkeadilan dan Berkeadaban’ ini sangat strategis. Khususnya bagi konteks Keislaman di dunia yang sekarang ini masih terus menghadapi berbagai persoalan.

Dikatakan MUI akan membawa semangat ini. Yakni Islam ‘tengah’, Islam yang toleran serta berkeadilan. Artinya Islam yang moderat, rahmatan lil alamin dan memperjuangkan kemakmuran bersama.

“Menurut saya, ini merupakan Islam yang dapat dijadikan percontohan bagi dunia,” ujarnya, Selasa (25/8).

Zulkifli juga mengaku sudah banyak menyampaikan kepada para tamu internasionalnya bahwa Islam di Indonesia merupakan Islam yang rahmatan lil alamin yang tidak dapat di samakan dengan Islam di belahan dunia lain.

Dimana Islam di negeri ini dapat hidup bersama berdampingan dan toleran, baik dengan etnis maupun umat lain. “Karena itu, ini menjadi tantangan bagi MUI untuk dapat membuktikan kepada dunia internasional,” tegasnya. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Pertanyaan yang muncul dibenak adalah, bentuk Islam di Indonesia yang seperti apa yang dapat menjadi contoh bagi dunia? Sedangkan Islam di Indonesia saja bentuknya beragam dan tidak ada satupun yang secara resmi menjadi representasi Islam di Indonesia. Dan juga, sebaik apakah Islam di Indonesia juga relevansinya untuk dunia Islam, jika disaat yang sama Islam di Indonesia tidak bisa membawa kebangkitan untuk Indonesia itu sendiri.

Categories