Pasukan India dan Pakistan Bentrok di Kashmir

Pasukan India dan Pakistan Bentrok di Kashmir

Mustanir.com – Pasukan India dan Pakistan terlibat jual beli tembakan dan mortir di wilayah Kashmir, wilayah yang disengketakan kedua negara. Akibatnya, delapan warga sipil tewas dan beberapa orang lainnya terluka.

Juru bicara militer India, Letnan Kolonel Manish Mehta mengatakan, baku tembak dipicu penembakan yang dilakukan oleh pasukan Pakistan terhadap wilayah Balakote dan Poonch. Demikian seperti diberitakan oleh Associated Press, Minggu (16/8/2015).

Baca Juga: Kekerasan Kashmir Mengundang Kekhawatiran Sekjen PBB

Menurut anggota polisi India, Denmark Rana, enam warga sipil India tewas akibat penembakan yang dilakukan oleh pasukan Pakistan selama dua hari dan setidaknya 17 orang lainnya luka-luka. Sedangkan di pihak Pakistan, dua warga sipil telah tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Pertempuran antara kedua negara ini memang kerap terjadi dan masing-masing pihak pun saling menyalahkan. Keduanya kerap menggunakan istilah tembakan tak beralasan dan tembakan balasan untuk menggambarkan tindakan pihak lain, serta alasan pembenar bagi tindakan balasan yang dilakukan. Kedua negara sempat menandatangani kesepakatan gencatan senjata pada tahun 2003.

Baca Juga: Pakistan Tawarkan Pembicaraan Mengenai Kashmir ke India

Wilayah Kashmir sendiri kerap diperebutkan oleh keduanya. Baik India maupun Pakistan mengklaim bahwa daerah Kashmir seluruhnya adalah milik mereka. Tercatat, dua dari tiga perang yang melibatkan kedua negara adalah perang untuk mendapatkan wilayah ini.

Kedua negara dijadwalkan akan duduk di meja perundingan pada 23 Agustus mendatang. Diharapkan, kedua negara dapat membicarakan bagaimana cara memerangi terorisme di wilayah tersebut. (sindo/adj)

Categories