PBB Desak Suu Kyi Kunjungi Rakhine

PBB Desak Suu Kyi Kunjungi Rakhine

Mustanir.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak pemimpin Myanmar Aung Suu Kyi untuk mengunjungi wilayah Barat Laut yang sedang berkonflik untuk menenangkan warga sipil. Suu Kyi dinilai perlu memberikan kepastian kepada muslim Rohingya bahwa mereka dilindungi.

Pada Jumat pekan lalu Suu Kyi dituduh oleh kalangan internasional telah menyalakan api permusuhan di antara kaum Budha dan Muslim di wilayah Barat Laut Myanmar.

“Penolakan oleh pihak berwenang Myanmar untuk bersikap tegas pada pihak garis keras dan adopsi pertahanan dibandingkan pendekatan proaktif untuk memberikan keamanan bagi populasi lokal, telah menyebabkan rasa frustasi di kalangan lokal dan kekecewaan internasional,” tutur Penasehat Khusus Sekjen PBB, Vijay Nambiar, dalam sebuah pernyataan, Kamis (8/12) waktu setempat.

“Hanya dengan respon secara konkrit pada masalah ini lah pemerintah mampu menyelesaikan krisis dan mempertahankan pemahaman internasional,” kata Nambiar sambil mendesak agar Suu Kyi mengunjungi Maungdaw dan Buthidaung di negara bagian Rakhine.

Tindakan keras yang dilakukan militer Myanmar di negara bagian Rakhine sudah menewaskan sedikitnya 86 orang dan membuat 10.000 orang lainnya melarikan diri melintasi perbatasan Bangladesh. Krisis yang tengah berlangsung itu memberikan tantangan bagi pemenang Nobel Perdamaian, Aung Suu Kyi, yang berkuasa pada tahun lalu untuk berjanji melaksanakan rekonsiliasi.

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan pada Selasa lalu juga meminta pasukan keamanan Myanmar untuk bertindak sesuai dengan aturan hukum. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Apa yang terjadi pada kaum muslimin di rohingya adalah tragedi kemanusiaan yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kejahatan terhadap kaum muslimin rohingya adalah kejahatan yang dilakukan oleh negara. Aung San Suu Kyi bertanggung jawab penuh atas tragedi pembunuhan, pemerkosaan, pembakaran dan sebagainya yang menimpa kaum muslimin rohingya.

Jika PBB mengharapkan Suu Kyi untuk datang ke rakhine, tempat tinggal kaum muslimin rohingya, maka ini merupakan sebuah kontradiksi. Penguasa-penguasa kaum muslimin harus segera menyelamatkan kaum muslimin rohingya, sebelum ada hisab yang lebih berat di akhirat untuk para penguasa kaum muslimin yang membiarkan kaum muslimin rohingya terdzolimi seperti saat ini.

Categories