Pemerintah Cina Memasang Poster Larangan Bagi Muslim Uighur Untuk Beribadah

poster-larangan-bagi-muslim-di-cina

Pemerintah Cina Memasang Poster Larangan Bagi Muslim Uighur Untuk Beribadah

Mustanir.com – Poster berisi daftar larangan bagi Muslim Uighur bertebaran hampir di setiap sudut kota Ürümqi di wilayah Turkistan Timur atau Xinjiang. Larangan-larangan tersebut dikeluarkan oleh pemerintah represif Cina.

Seperti dilansir dari Anadolu, (08/07), poster-poster tersebut berisi tentang berbagai aturan yang harus ditaati oleh warga Muslim Uighur.

Pemerintah lokal memasang poster tersebu di pusat-pusat kota dan area-area tertentu yang padat penduduk serta ramai aktifitas warga. Pesan dalam poster lebih banyak menyinggung masalah pembatasan dan pelarangan aktifitas keagamaan yang dipaksakan oleh pemerintah pusat di Beijing.

Di antara peringatan dalam poster-poster tersebut menyatakan bahwa perkawinan dan perceraian yang dilakukan secara agama dan tidak resmi adalah DILARANG.

Juga, para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah dan anak-anak di bawah umur DILARANG sholat, DILARANG puasa, dan DILARANG membaca al-Quran.

Kantor kebudayaan Xinjiang memasang poster berisi peringatan bahwa membuka kelas belajar al-Quran DILARANG, mengumpulkan para pelajar untuk urusan keagamaan tanpa ijin khusus DILARANG, mempromosikan agama dalam acara pernikahan, pemakaman, dlsb., DILARANG. Semua itu DILARANG menurut hukum Cina.

Lebih dari itu, poster atau iklan layanan masyarakat yang mengandung konten tentang konsep “halal-haram” akan dianggap sebagai tindak kriminal, karena dianggap ikut menyebarkan ideologi “berbahaya”.

Termasuk juga membawa pandangan-pandangan keagamaan radikal yang dibiayai asing ke dalam negeri Cina merupakan sesuatu yang DILARANG. (kiblatnet/adj)

Categories