Pemerintah Indonesia Gagal Beli Saham Freeport Karena Tidak Punya Uang

freeport

Pemerintah Indonesia Gagal Beli Saham Freeport Karena Tidak Punya Uang

Mustanir.com – Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro memastikan pemerintah pusat tidak memiliki anggaran untuk membeli saham PT Freeport Indonesia yang harga divestasi sahamnya telah diajukan beberapa hari lalu kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Pokoknya tidak ada di anggaran kita,” ujar Bambang kepada CNN Indonesia.com, Kamis (14/11).

Sebagai informasi Freeport telah menyerahkan harga penawaran divestasi 10,64 persen saham senilai US$1,7 miliar kepada pemerintah dua hari sebelum batas waktu terakhir yang jatuh hari ini, Kamis (14/1).

Untuk itu, Bambang mengatakan pemerintah akan mendorong perusahaan BUMN untuk mengambil saham saham Freeport

“Yang jelas kami (pemerintah) tidak punya anggaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono menyatakan Freeport telah menawarkan saham sesuai ketentuan di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2014 yaitu 10,64 persen.

Disebutkannya sesuai valuasi yang dilakukan oleh Freeport, total nilai valuasi saham yang dimiliki Freeport mencapai US$16,2 miliar. Dengan demikian, harga penawaran Freeport untuk mendivestasikan 10,64 persen sahamnya sekitar US$1,7 miliar.(cnn/adj)

Komentar Mustanir.com

Uang pemerintah tidak ada bisa jadi karena digunakan untuk membayar utang dan bunga utang luar negeri yang sangat banyak. Padahal utang luar negeri tersebut tidak banyak yang dapat dirasakan manfaat langsungnya kepada rakyat Indonesia, alih alih menjadi modal untuk pembangunan, utang luar negeri lebih banyak dinikmati oleh segelintir orang saja.

Meskipun pemerintah berhasil membeli saham freeport tapi bukan berarti pemerintah memiliki freeport. Karena faktanya freeport masihlah tetap milik kapitalis Amerika. Para Kapitalis inilah yang ditunggu pajaknya oleh pemerintah Amerika. Maka dari itu wajar jika Amerika akan mempertahankan freeport hingga titik darah penghabisan. Karena jika freeport lepas, Amerika akan kehilangan sumber pemasukannya dari pajak.

Categories