Pemimpin Dunia Latin Bertemu Bahas Amerika di Tangan Trump

Pemimpin Dunia Latin Bertemu Bahas Amerika di Tangan Trump

Mustanir.com – Para menteri luar negeri dari negara Amerika Latin dan Tengah, Meksiko, El Savador, Honduras, dan Guatemala bertemu untuk membicarakan bagaimana cara melindungi migran mereka di Amerika Serikat. Ini merupakan bentuk solidaritas menghadapi kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS.

Apalagi selama ini Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump mengatakan, ia akan mendeportasi para imigran ilegal yang tak punya dokumen resmi. Sebanyak dua atau tiga juta imigran ilegal tak berdokumen resmi akan dideportasi.

Migran di Amerika Serikat banyak yang berasal dari negara-negara Amerika Latin dan Tengha seperti Honduras, Meksiko, Guatemala, El Salvador.

Jika Trump benar-benar mendeportasi jutaan migran ke negara asalnya masing-masing maka ini akan menimbulkan masalah bagi negara asal terutama masalah penyediaan lapangan kerja dan keamanan.

Para menteri luar negeri itu mengadakan pertemuan pada Senin, (21/11) untuk membangun jaringan perlindungan migran bekerja sama dengan Pemerintah AS. Mereka akan bertemu secara reguler untuk berkoordinasi.

Menteri Luar Negeri Meksiko Claudia Ruiz Massieu mengatakan, saat ini kebijakan luar negeri Amerika masih tak berubah. “Kami tetap melakukan kerja sama dengan Amerika di bidang HAM dan malah memperkuat hubungan Meksiko-Amerika, termasuk memperkuat kerja sama di wilayah perbatasan.” (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Bukan hanya negara Amerika Latin yang ketar-ketir dengan terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat, akan tetapi juga dunia Islam karena pastinya kepemimpinannya tidak akan jauh berbeda dengan kepemimpinan Goerge Bush -laknatullah ‘alaih- karena sama-sama dari partai yang sama, yakni Republik.

Umat Islam akan dipaksa untuk memilih menerima demokrasi atau menjadi musuh bagi Amerika begitulah tawaran George Bush kepada dunia Islam saat terjadi peristiwa 9/11 yang lalu.

Lantas jika yang demikian terjadi, anda akan berada di sisi mana wahai kaum muslimin?

Categories