Perhatikanlah Manfaat Sifat Ingat dan Lupa Pada Manusia

Perhatikanlah Manfaat Sifat Ingat dan Lupa Pada Manusia

Mustanir.com – Perhatikanlah hikmah Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam menciptakan sifat ingat (hafal) dan sifat lupa yang dikhususkan hanya bagai manusia. Dan perhatikan pula mashalahat dan manfaat yang didapatkan oleh manusia dengan kedua sifat tersebut. Karena, seandainya bukan karena sifat kuatnya hafalan yang Allah khususkan manusia, niscaya akan ada ketimpangan (cacat) dalam segala urusannya, ia tidak mengetahui apa yang menjadi haknya ada apa yang menjadi kewajibannya, tidak mengetahui apa yang ia ambil dan apa yang ia berikan, ia tidak tahu apa yang ia dengar, ia lihat ia katakan dan apa yang dikatakan kepadanya.

Ia juga tidak ingat siapa yang berbuat baik kepadanya, siapa yang berbuat buruk dan siapa yang bergaul dengannya. Ia tidak ingat seiapa yang telah memberinya manfaat (berjasa) kepadanya sehingga ia mendekatinya dan tidak ingat siapa yang membahayakannya sehingga ia menjauhinya.

Kemudian ia juga tidak tahu jalan yang ditempuhnya pertama kali sekalipun telah melewatinya berkali-kali. Ia tidak mengetahui ilmu sekalipun sudah mempelajarinya seumur hidupnya, dan tidak bisa mengambil manfaat dari pelajaran (latihan). Ia juga tidak bisa mengambil pelajaran sedikitpun dari masa lalu, dan bahkan ia akan lepas dari sifat kemanusiaannya.

Dan di antara nikmat yang paling menakjubkan pada diri kita adalah nikmat lupa. Karena, seandainya kalau bukan karena sifat ini maka kita tidak mungkin melupakan sesuatu. Tidak mungkin hilang kerugian (yang ia rasakan), tidak mungkin mati kesedihan, tidak musnah kedengkian. Ia juga tidak bisa menikmati kehidupan dunia karena mengingat terus penyakitnya, ia juag tidak bisa mengharapkan lalainya musuh. Juga tidak akan hilang kebencian/dendam dari orang yang hasad (dengki).

Maka perhatikanlah nikmat Allah dalam penciptaan sifat ingatan dan lupa, padahal keduanya berbeda dan bertentangan dan juga Allah menjadikan pada masing-masing dari kedua sifat tersebut maslahat.

SUMBER

Categories