Pertempuran Sengit Antara Pasukan Militer Arab Saudi – Yaman di Perbatasan

koalisi-arab-saudi-terus-menggempur-sanaa-yaman-dari-udara-_150906180747-249

Pertempuran Sengit Antara Pasukan Militer Arab Saudi – Yaman di Perbatasan

MUSTANIR.COM, Sana’a, (Xinhua-OANA) — Pertempuran sengit kembali meletus di perbatasan Arab Saudi-Yaman pada Rabu (1/3) antara pasukan militer Arab Saudi dan petempur Syiah Yaman, Al-Houthi, kata seorang pejabat militer di Ibu Kota Yaman, Sana’a, kepada Xinhua.

Pejabat tersebut, yang tak ingin disebutkan jatidirinya, mengatakan kedua pasukan yang bertikai saling melancarkan pemboman artileri di Provinsi Perbatasan Saada di bagian utara-jauh Yaman –yang merupakan kubu utama kelompok Al-Houthi– dan daerah Arab Saudi di luar Saada.

Tembakan bom artileri Arab Saudi didukung oleh serangan udara gencar dari pesawat koalisi militer pimpinan Arab Saudi terhadap lokasi militer Al-Houthi.

Warga Arab Saudi di dekat daerah perbatasan negeri tersebut mengatakan di sosial media, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis siang, banyak bom artileri yang ditembakkan oleh anggota Al-Houthi mendarat di dekat permukiman mereka, dan ledakan kuat bom itu mengguncang seluruh wilayah tersebut.

Tak ada korban jiwa yang dilapokan, tapi pejabat itu –yang memantau garis depan antara kedua pasukan yang bertikai– mengatakan ada puluhan orang yang tewas dan cedera dari kedua pihak. Tapi ia tidak menyebutkan jumlah korban secara pasti.

Petempur Al-Houthi, yang merebut kekuasaan di daerah Yaman Utara, telah memerangi pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di perbatasan sejak koalisi militer pimpinan Arab Saudi tersebut mencampuri konflik di Yaman pada Maret 2015 melalui serangan udara dan darat.

Aksi militer itu bertujuan memulihkan kekuasaan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang hidup di pengasingan. Lebih dari 10.000 orang Yaman telah tewas, dan lebih dari tiga juta orang lagi kehilangan tempat tinggal. (antara/rs)

Categories