Satu dari Tiga Anak Indonesia Malnutrisi

Satu dari Tiga Anak Indonesia Malnutrisi

Mustanir.com – . Artinya, ada satu dari tiga anak di bawah usia lima tahun tergolong stunting dan kekurangan gizi.

Peneliti Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Purwatiningsih mengatakan, meski data Kementerian Kesehatan mencatat, bahwa angka stunting turun menjadi 29 persen berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi di 496 Kabupaten/Kota dengan sampel 165 ribu balita, namun isu malnutrisi pada anak tetap harus menjadi fokus perhatian.

Selain itu, meski angka kemiskinan Indonesia turun dari 32,53 juta individu atau 14,15 persen pada tahun 2009, menjadi 11,47 persen atau 28,55 juta individu pada September 2013, harus juga menjadi perhatian. “Pasalnya, jumlah balita pendek akibat kekurangan gizi mengalami peningkatan, yakni 37,2 persen dibandingkan dengan data 2010, yakni 35,6 persen,” ujar Sri, Jumat (4/11).

Menurut Sri, persoalan malnutrisi atau gizi buruk pada anak sangatlah kompleks karena banyak faktor yang berkaitan. Sementara, masyarakat seringkali memahami gizi buruk sebagai akibat dari kurangnya asupan makanan, seolah-olah di saat sudah memberikan makanan, maka persoalan gizi buruk teratasi.

“Padahal, ini juga berkaitan dengan praktik hidup sehat, kemudian bagaimana lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Apakah sudah memiliki akses air bersih? Apakah sanitasinya sudah layak atau belum?” ungkap Sri.

Ia menambahkan, bahwa praktik hidup sehat dan lingkungan yang bersih berperan penting untuk mencegah penyebaran penyakit, khususnya yang berisiko kematian pada bayi dan anak seperti diare, pneumonia, dan demam berdarah. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Semoga pemerintah segera melakukan tindakan secepatnya sehingga tidak ada lagi bayi di negeri ini yang mengalami malnutrisi. Semoga pemerintah tidak hanya berkutat pada urusan politik praktis belaka dan juga kepentingan Kapitalis belaka. Sudah saatnya negeri ini memiliki pemimpin yang benar-benar mengurusi rakyatnya.

Islam adalah agama yang memberikan panduan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang adil dan mampu menyejahterakan seluruh rakyat. Sudah seharusnya setiap pemimpin negeri ini menjadikan Islam sebagai panduan dalam mengurusi urusan rakyat.

Categories