Syirik, Penyakit Ganas yang Melanda Fithrah

Syirik, Penyakit Ganas yang Melanda Fithrah

Mustanir.com – Pada dasarnya tubuh manusia itu sehat dan bebas dari penyakit. Hanya saja tubuh itu menjadi rentan apabila manusia lengah, tidak menjaga dan merawatnya, sehingga penyakit apa saja bisa menjangkitinya.

Demikian pula halnya jiwa manusia. Awal penciptaannya adalah bersih dan suci. Allah mengabarkan hal ini dengan firmanNya:
“Dan ingatlah ketika Rabbmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian dari jiwa mereka (seraya berfirman), ‘Bukankah Aku ini Rabbmu?’ Mereka menjawab: ‘Betul, kami menjadi saksi’.” (Al-A’raaf: 172).

Ayat ini menerangkan bahwa Allah telah mengilhamkan kepada manusia bahwasanya Allahlah satu-satunya Rabb mereka, tiada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Dan dalam surat Ar-Ruum Allah berfirman, artinya:
“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah, tetaplah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu”. (Ar-Rum : 30)

Jadi jelas bahwa manusia terlahir secara fitrah, yakni mentauhidkan Allah. Sebagaimana pula yang disabdakan oleh Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Tidak lahir seoarang bayi kecuali dilahirkan dalam keadaan suci, kemudian kedua orang tuanya yang menjadikan Yahudi, Nasrani dan Majusi” (HR. Al-Bukhari Muslim)

Namun sebagaimana tabiatnya jasad, jiwa manusia demikian rentan terhadap penyakit apabila kemurnian fitrah itu tidak dijaga, lengah dari dzikir kepada Allah, sehingga syetan menjauhkannya dari fitrah tersebut. Dan saat itulah berbagai penyakit jiwa masuk dan mengotori fitrahnya, Syirik adalah salah satu penyakit jiwa yang paling berbahaya. Karena bukan hanya kehinaan di dunia, tapi keseng-saraan abadi yang akan diperoleh pelakunya di akhirat nanti.

Semoga Allah berkenan selalu membimbing dan memberikan rahmat-Nya pada kita sehingga kita termasuk orang-orang yang berada pada fitrah yang Allah telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Wallahu a’lam. sumber

Categories