Tahun Ini, Umat Islam Indonesia Serentak Puasa Ramadhan Kamis Besok

sidang-isbat-menag

Tahun Ini, Umat Islam Indonesia Serentak Puasa Ramadhan Kamis Besok

Mustanir.com – Pemerintah memutuskan awal puasa jatuh pada Kamis (18/6) 2015 berdasarkan Sidang Itsbat yang berlangsung di Gedung Kementerian Agama, Jl.MH.Thamrin, Jakarta.

“Sidang Itsbat menyimpulkan bahwa 1 Ramadhan 1436 Hijriah jatuh pada kamis 18 Juni 2013, berdasarkan laporan bahwa posisi hilal berada di bawah ufuk,” kata Menteri Agama Lukmanul Hakim Saifuddin saat Sidang Itsbat di Jakarta, Selasa (16/6).

Menurut Menag, putusan tersebut diambil berdasarkan pantauan dari observasi di berbagai belahan dunia pantauan tim rukyat Kemenag di seluruh wilayah Indonesia.

“Dari berbagai belahan dunia tidak ditemukan laporan adanya hilal. Sementara itu, berdasarkan pantauan dari 36 wilayah Indonesia hilal juga tidak terlihat,” papar Menag.

Dengan demikian, lanjut Menag, pemerintah dan ormas Islam menyepakati bahwa bulan Sya’ban 1436 H disempurnakan menjadi terdapat 30 hari.

“Karena hilal tidak nampak, bulan Sya’ban diistikmalkan atau disempurnakan jadi 30 hari, sehingga 1 Ramadhan jatuh pada lusa, tepatnya Kamis 18 Juni 2015,” tegas Menag.

Menag berharap dari keputusan pemerintah tersebut, umat Islam dapat menjalani Ramadhan secara bersama-sama.

Dengan demikian, bisa dipastikan umat Islam di Indonesia serentak melaksanakan puasa 1 Ramadhan 1436 H pada Kamis besok. Pasalnya, organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia Muhammadiyah telah menentukan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Sungguh sangat miris jika kaum muslimin di Indonesia sebagaimana tahun kemarin terjadi perbedaan tanggal 1 Ramadhan. Namun kita bersyukur tahun ini kaum muslimin di Indonesia bersepakat dalam penentuan 1 Ramadhan.

Ketidaksatuan kaum muslimin dalam penentuan 1 Ramadhan sebelumnya, merupakan sebuah pertanda jika kaum muslimin saat ini tidak memiliki kepercayaan kepada lembaga pemerintah yang ditunjuk untuk mengurusi masalah keagamaan.

Sudah saatnya kaum muslimin sadar bahwa Khilafah adalah sebuah keniscayaan untuk segera menyatukan kaum Muslimin, tidak hanya di Indonesia, namun juga untuk seluruh dunia.

Categories