Taliban Kuasai Gedung Legislatif Yang Korup

militan-taliban-bergerak-di-afganistan

Taliban Kuasai Gedung Legislatif Yang Korup

Mustanir.com – Pasukan Taliban Afganistan melancarkan serangan di kota Kunduz. Mereka dilaporkan telah mengibarkan bendera di alun-alun kota tersebut. Ratusan anggota kelompok Taliban Kota Kunduz, Afghanistan merebut kendali setengah kota tersebut.

Provinsi Kunduz berisi jalan-jalan utama yang menghubungkan Afghanistan tengah dan utara. Para wartawan mengatakan kota itu memasok setengah tanaman padi Afghanistan.

Kantor berita Reuters, mengutip saksi dan dua petugas keamanan mengatakan, ratusan pejuang Taliban telah melakukan penggerebekan pada pagi hari di Kunduz. Mereka masuk ke kota dari tiga arah berbeda dan dilaporkan telah merebut sebagian besar kota.

Sumber mengatakan kepada Aljazirah Senin (28/9), pasukan keamanan Afganistan telah dikerahkan ke kota untuk melawan Taliban. Mereka juga berupaya merebut kembali wilayah-wilayah yang berada di bawah kontrol Taliban.

Dalam penyerangannya ke Kunduz, Taliban juga masuk ke penjara utama dan membebaskan ratusan rekan mereka. Kelompok bersenjata itu juga dikabarkan mengambil 200 tempat tidur di rumah sakit. Para pejuang Taliban juga merebut gedung-gedung legislatif.

Beberapa orang termasuk polisi tewas dan puluhan lainnya terluka akibat serangan.

Namun serangan Taliban mendapat dukungan dari warga Kunduz. Mereka sudah lama tak senang dengan korupsi pemerintah daerah di wilayah itu. (rol/adj)

Categories