Tips Menghindari Pacaran Untuk Remaja Muslim

Tips Menghindari Pacaran Untuk Remaja Muslim

Bagi yang belum pernah pacaran, kalian patut bersyukur dan jangan pernah mencoba, karena mencoba adalah awal petaka. Bagi yang sudah terlanjur pacaran, tiada kata terlambat untuk bertaubat dan segera tinggalkan pacaran. Jika telah mampu segeralah menikah. Jika merasa belum mampu menikah sementara dorongan dan godaan nafsu terus mendera, hendaklah tempuh beberapa hal di bawah ini sebagai penawarnya:

1. Memahami hakikat cinta

Semua cinta di atas kecintaan kepada Allah itulah cinta hakiki, semua cinta yang mengantarkan seseorang kepada ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya itulah cinta yang sebenarnya.

2. Ikhlas dalam beribadah

Ikhlas dalam ibadah akan melahirkan sikap positif yang luar biasa, dimana ia hanya akan melakukan amalan-amalan yang diridhoi oleh-Nya.

3. Memperbanyak do’a dan ibadah kepada Allah

Berdoalah supaya dihindarkan oleh Allah dari pacaran dan memiliki kekuatan untuk menghindari pacaran ditengah pergaulan masa kini. Serta sibukkan diri dengan aktivitas ibadah yang banyak macamnya.

4. Menjaga pandangan mata

Barangsiapa mampu memelihara pandangannya, berarti ia mampu untuk meredam gejolak syahwat yang ada dalam hatinya, sehingga ia pun tidak terjerumus dalam perbuatan dosa.

5. Menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat

Menyibukkan diri dengan belajar, menekuni hobby, membuat sebuah karya, dan mengejar prestasi dari bidang apa saja. Yang paling mudah agar fokus teralihkan adalah dengan menulis atau membaca.

6. Memperbanyak istighfar

Istighfar adalah kunci dari ampunan Allah Ta’ala. Jika kita merasa berat untuk menghindari pacaran, dan hampir terjerumus ke dalamnya, maka perbanyaklah istighfar, memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

7. Menjauhi musik, nyanyian dan film

Ini penting untuk dihindari, karena darinya akan banyak jalan menuju terbangkitnya syahwat bagi remaja muslim. Hindarilah musik, nyanyian dan film sebisa mungkin.

Demikianlah risalah singkat ini, semoga memberikan pencerahan dan menjadi jembatan kebaikan bagi banyak orang. Wallohu a’lam bishowab

Categories