Trump Kembali Pamerkan Jet Tempur “Siluman” Milik AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali memamerkan jet tempur tak terlihat F-35 di sebuah pertemuan dengan penjaga pantai, pada acara kunjungan presiden dalam perayaan Thanksgiving, di Pusat Penjaga Pantai Florida, Kamis (23/11/2017) foto: kompas


MUSTANIR.COM, WASHINGTON DC — Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, sistem persenjataan militernya makin kuat dengan adanya jet tempur yang hampir “tak terlihat” seperti siluman.

Pria berusia 71 tahun itu kembali memamerkan kekuatan militernya di sebuah pertemuan dengan penjaga pantai, pada acara kunjungan presiden dalam perayaan Thanksgiving, di Pusat Penjaga Pantai Florida, Kamis (23/11/2017).

Dilansir dari The Guardian, pesawat yang dimaksud adalah pesawat F-35, yang tidak terlihat. Jet tempur itu meski berukuran kecil, namun didesain agar tidak terlihat oleh radar pesawat konvensional.

Trump mengaku terus mendiskusikan mengenai pesawat siluman itu dengan Angkatan Udara AS. Namun, banyak yang berpendapat, biaya mahal untuk mendapatkan jet tempur F-35 masih menjadi masalah.

“Jet tersebut akan selalu menang karena musuh tidak dapat melihatnya, bahkan ketika tepat disamping pesawat lain,” katanya.

Trump juga pamer peningkatan anggaran militer untuk memperkuat perangkatnya.

“Kita sedang memesan peralatan baru militer, ada 700 miliar dolar AS untuk militer,” ucap Trump.

Sebelumnya, Trump mengejutkan media dengan pembicaraannya mengenai pesawat tak terlacak tersebut pada Oktober lalu. Saat itu, Trump sedang mendiskusikan F-35 dalam sebuah pengarahan militer, di Puerto Rico, setelah dilanda badai.

“Sangat menakjubkan, kami memesan ratusan juta dolar untuk pesawat baru di angkatan udara, terutama F-35. Anda benar-benar tidak dapat melihatnya. Sulit untuk melawan pesawat yang tidak bisa dilihat,” katanya kala itu.

Trump juga pernah mengklaim 35 pesawat jet tempur F-35 milik AS sudah terbang melintasi Jepang tanpa terdeteksi. Namun, banyak yang meragukan pernyataan Trump. (kompas/24/11/2017)

Categories