Turki Putuskan Hubungan Diplomatik Jika Israel Masih Blokade Gaza

presiden-turki-recep-erdogan-dan-pm-israel-benjamin-netanyahu-_151219051657-956

Turki Putuskan Hubungan Diplomatik Jika Israel Masih Blokade Gaza

Mustanir.com – Duta Besar Turki untuk Amman Sedat Onal menegaskan, tidak akan ada pemulihan diplomatik dengan Israel tanpa pencabutan blokade Jalur Gaza.

“Turki mendukung Palestina dan pendirian negara Palestina,  salah satu syarat utama pemulihan hubungan diplomatik dengan Israel adalah mencabut pengepungan Jalur Gaza,” ujar Onal menegaskan.

Pada 2010,  tentara Israel menyerang rombongan kapal Freedom Flotilla yang hendak membawa bantuan buat Gaza. Salah satu kapal yakni Mavi Marmara berasal dari Turki. Sepuluh warga Turki terbunuh dalam penyerangan itu.

Turki meminta Israel meminta maaf, memberikan kompensasi kepada korban dan pencabutan pengepungan Jalur Gaza.

Belakangan Turki dan Israel kembali dialog untuk menyelesaikan pertikaian ini. Namun sikap Turki tetap tak berubah mengajukan prasyarat tersebut. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Semoga pernyataan Duta Besar Turki tersebut benar dan sejalan dengan apa yang terjadi di lapangan. Karena publik juga sedikitnya mengetahui bahwa Turki memiliki kerjasama Ekonomi dengan Israel yang mulai terendus oleh publik. Semoga apa yang disampaikan Duta Besar Turki tersebut juga diamini oleh jajaran Parlemen Turki dan Penguasa Turki yang lainnya.

Selain memutus hubungan diplomatik seharusnya akibat dari penyerangan tentara Israel ke kapal Mavi Marmara yang menyebabkan terbunuhnya 10 warga Turki, pemerintah Turki bisa melakukan lebih dari sekedar memutus hubungan diplomatik. Terlebih banyak umat Islam akibat kekejaman Israel yang terbunuh. Seharusnya Turki bersama negeri kaum muslimin yang lainnya membuat Israel terhapus dari muka bumi ini dengan cara diperangi.

Categories