Ulama Mataraman: Era Khilafah Sudah Dekat

Foto: shautululama


MUSTANIR.COM, Magetan – Forum Komunikasi Ulama Aswaja Mataraman menggelar liqa syawal di Takeran Magetan, 29 Juni 2018.

Tampak hadir dalam majelis ini di antaranya KH Bashori (Yayasan Al-Ikhlas), KH Bukhori Burhanuddin (PP al-Muslimun), KH Anas Karim (Cepoko Magetan), KH Zainul Muhson (PP Walisongo Ngabar), Kyai Bonari (Balong Ponorogo), dan 50 ulama dan mubalighin lainnya.

KH Bashori dalam sambutannya menyatakan bahwa beliau sangat berbahagia melihat di antara umat Islam masih banyak para ulama yang berusaha menyelamatkan umat ini dari gerusan sistem kehidupan non Islami. Dakwah Islam harus terus dihidupkan apapun tantangan dan rintangannya.

Sementara itu, KH Anas Karim mengingatkan bahwa kehidupan umat Islam akan membahagiakan jika diisi dengan ketaatan kepada Allah SWT. Ketaatan tersebut semestinya tidak hanya dalam persoalan-persoalan ibadah mahdlah, melainkan juga dalam persoalan muamalah dan uqubat. Dalam hal inilah, menurut beliau, adanya seorang Imam atau khalifah adalah hal yang tidak bisa ditawar. Sebab, aturan-aturan Allah SWT sebagian besarnya memang mengharuskan adanya Khilafah agar bisa terlaksana.

Karena itu, lanjut beliau, para ulama tidak boleh berhenti menanamkan kesadaran di tengah-tengah umat bahwa Khilafah adalah bagian tak terpisahkan dari ajaran Islam, yang hukumnya wajib ditegakkan. Jika kesadaran tersebut semakin meluas, Insyaallah biidznihi Allah akan menurunkan pertolonganNya.

Maqalah selanjutnya disampaikan oleh KH Bukhori Burhanuddin. Beliau menekankan bahwa sudah menjadi sunnatullah perjuangan menegakkan agama Islam akan dihadang dan dihalang-halangi oleh kaum kuffar wal munafiquun.

Oleh karena itu, siapapun yang telah menginfaqkan diri dan hartanya di jalan Allah harus menyiapkan sebanyak mungkin kesabaran di jalan dakwah. Namun yang perlu diingat, akhir dari perang abadi antara al-haqq dan al-bathil sudah diketahui, yaitu bahwa kemenangan pasti ada di pihak al-haqq.

Lalu, Kyai Bonari menambahkan, bahwa tanda-tanda zaman semakin hari semakin menunjukkan bahwa masa tegaknya Khilafah sudah semakin dekat. Ide tentang Khilafah semakin diterima di tengah-tengah umat; dan para penentangnya semakin menunjukkan bahwa mereka berada di pihak kebathilan.

Kemudian, KH Zainul Muhson berwasiat kepada para hadlirin agar senantiasa bertaqarrub kepada Allah dan tidak henti-henti untuk beristighfar. Jika Allah ridlo pada kita, maka pertolonganNya Insyaallah semakin dekat turunnya.

Acara berlangsung khidmat, dan diakhiri dengan doa oleh KH Anas Karim.
(shautululama.com/1/7/18)

Categories