4 Keutamaan Menikahi Gadis Menurut Rasulullah

4 Keutamaan Menikahi Gadis Menurut Rasulullah

Mustanir.com – Pernikahan merupakan salah satu tangga kehidupan dari kesendirian menjadi hidup berpasangan. Di dalam pernikahan ada syarat-syarat dan kriteria yang telah ditentukan oleh Islam. Bagi lelaki, kadang memilih calon istri tidalah mudah. Banyak sekali yang perlu dipertimbangkan. Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu utamakan wanita yang masih gadis.

Mengutamakan gadis dibandingkan janda dimaksudkan untuk mencapai hikmah secara sempurna dan manfaat yang agung. Di antara manfaat tersebut antara lain:

  1. Melindungi keluarga dari hal-hal yang akan menyusahkan kehidupannya, misalnya banyak tuntutan dan perbandingan.
  2. Mengeratkan tali cinta kasih suami istri. Yakni gadis yang tidak pernah dijamah orang lain, dia tentu takkan membandingkan suaminya dengan orang lain dan lebih fokus bersama-sama belajar saling mencintai.

Rasulullah SAW telah menjelaskan sebagaimana hikmah menikahi gadis. Beliau bersabda:

عليكم بالأبكار ، فإنهن أعذب أفواها ، وأنتق أرحاما ، وأرضى باليسيرر

“Nikahilah oleh kamu sekalian gadis-gadis. sebab, mereka itu lebih manis pembicaraannya, lebih banyak melahirkan anak, lebih sedikit tuntutan dan tipuan, serta lebih menyukai kemudahan.” (HR. Ibnu Majah & Al-Baihaqi)

Itulah 4 manfaat sebagaimana disampaikan dalam Hadits, yakni (1) Lebih manis pembicaraannya, (2) Lebih banyak melahirkan anak, (3) Lebih sedikit tuntutan dan tipuan (4) Lebih menyukai kemudahan. Itulah manfaat yang dapat diambil dari menikahi gadis. Yang terpenting adalah pernikahan harus dibina berlandaskan prinsip-prinsip yang kuat dan kaidah yang benar sesuai ajaran Islam. (sumber)

Categories