6 Makanan Ini Menyehatkan Otak dan Jantung

jahe

6 Makanan Ini Menyehatkan Otak dan Jantung

Sejumlah alasan membuat aliran darah ke seluruh organ-organ vital seperti otak dan jantung terhambat. Penebalan darah, pengendapan kolesterol jahat di dinding dalam pembuluh darah, hingga terjadinya pembekuan di pembuluh darah karena pendarahan internal.

Semua kondisi ini menimbulkan segala sesuatu yang tidak kita inginkan, serangan jantung dan stroke. Namun, dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang memang dinilai baik untuk otak dan jantung, kita pun dapat terhindar dari dua kondisi yang membutuhkan perawatan sesegara mungkin di rumah sakit.

Berikut beragam jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke, dikutip Boldsky pada Rabu (1/7/2015)

  1. Biji-bijian utuh

Mereka kaya vitamin E yang mampu mengurangi risiko pembentukan bekuan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

  1. Anggur, kismis, dan plum

Ketiganya mengandung salisilat alami yang merupakan agen pengecer darah. Aspirin yang merupakan obat pengencer darah pun mengandung salisilat. Jadi, daripada mengonsumsi obat berbahan kimia, lebih baik mengonsumsi tiga jenis buah-buahan ini.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat pengencer darah dan baik untuk jantung serta otak. Mereka kaya antioksidan yang dapat membersihkan racun dari darah dan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan.

  1. Delima

Delima kaya berbagai enzim alami yang mencegah pembentukan pembekuan darah dan melarutkannya. Risiko jantung dan stroke pun akan berkurang.

  1. Berri

Berri mampu meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan racun dari darah. Minum jus berri secara rutin, dapat terhindar dari stroke dan serangan jantung.

  1. Jahe

Minum segelas teh jahe membuat darah kita lebih tipis dan mencegah terjadinya pembentukan gumpalan. Hal ini baik untuk jantung dan otak seperti meningkatkan sirkulasi. (BZ)

Categories