Amerika dan Rusia Bersitegang di Suriah

U.S. Secretary of State Kerry speaks about the Ukraine crisis after his meetings with other foreign ministers in Paris

Amerika dan Rusia Bersitegang di Suriah

Mustanir.com – Amerika Serikat mendesak Rusia agar fokus pada serangan melawan ISIS di Suriah daripada mendukung Presiden Suriah, Bashar al Assad, Kamis (1/10).

“Yang penting adalah Rusia tidak terlibat dalam aktifitas lain selain melawan ISIS,” kata Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Menurutnya, hal tersebut sangat berisiko karena menolong rezim Assad sama saja mengundang lebih banyak militan ke Suriah.

Kerry menambahkan Rusia harus membantu AS dan koalisi untuk membujuk Assad menyelamatkan negaranya bukan jadi yang menghancurkannya. Ketegangan antara AS dan Rusia meningkat ketika Rusia meluncurkan serangan udara untuk membantu Assad menargetkan militan ISIS.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest menggambarkan operasi udara Rusia yang dimulai sejak Senin dilakukan tanpa pandang bulu. Menurutnya, operasi militer itu dilakukan di area yang jumlah pasukan ISISnya hanya sedikit, yaitu sekitar Homs dan Hama.

Komentar Mustanir.com

Perang Ideologi dan pengaruh yang terjadi di Suriah hanya mengakibatkan korban jiwa yang banyak dari sipil. Rezim assad hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa jatuh. Ketika rakyat suriah berbondong-bondong ke Eropa, maka yang tertinggal di Suriah hanyalah tentara dan pemerintahan semu.

Pemerintahan tanpa rakyat adalah pemerintahan semu. Karena salah satu unsur penyusun pemerintahan adalah adanya rakyat yang memiliki kekuatan. Ketika Suriah kehilangan rakyat, artinya Suriah kehilangan sumber pemasukan dari pajaknya. Negara berbasis Kapitalisme kehilangan sumber pendapatan, artinya tinggal menunggu waktu saja kekuasaan Bashar Assad kehabisan uang.

Umat Islam di seluruh dunia seharusnya menyadari pentingnya menyelamatkan saudara-saudara muslim di Suriah. Mereka akan mengadu pada Allah ta’ala di akhirat dan kita akan dipertanyakan oleh Allah kelak tentang peran kita dalam membantu mereka. Semoga Allah mengampuni kami yang hanya bisa meneriakkan, wahai ummat Islam, tegakkanlah Khilafah demi persatuan ummat.

Categories