Amerika Dukung Ukraina Untuk Perangi ISIS Dengan Kirimkan F-22

Pesawat tempur F-22.

Amerika Dukung Ukraina Untuk Perangi ISIS Dengan Kirimkan F-22

Mustanir.com – Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan jet tempur F-22 ke Eropa dalam waktu dekat. Ini sebagai bagian dari upaya untuk mendukung Ukraina yang diintervensi Rusia. Sekretaris Angkatan Udara AS Deborah James tidak merinci jumlah, jadwal atau lokasi penyebaran penyebaran pesawat.

‘’Tetapi penyebaran pesawat sejalan dengan perintah Menteri Pertahanan AS Ash Carter untuk menyeimbangkan Rusia,’’ katanya seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Selasa (25/8).

Penyebaran pertama jet Lockheed Martin F-22 ke Eropa yang dipandang sebagai langkah untuk mengatasi kekhawatiran diantara sekutu North Atlantic Treaty Organization (NATO) saat agresi militer Rusia.

Angkatan Udara AS juga mengerahkan jet tempur F-22 untuk menghindari radar melancarkan serangan terhadap Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). “Kegiatan militer Rusia di Ukraina terus menjadi perhatian besar  kami dan sekutu Eropa kami. Penyebaran jet F-22 menjadi sisi yang kuat,’’ katanya.

Kepala Staf Angkatan Udara AS Jenderal Mark Welsh James mengatakan penyebaran pelatihan perdana jet F-22 di Eropa akan memungkinkan pasukan AS untuk melatih mitra NATO di Eropa. Kemudian menguji kemampuan jet untuk berkomunikasi dan berjuang bersama-sama yang memerangi anti NATO dan pesawat tempur canggih lainnya.

James mengatakan penyebaran akan memberikan pilot F-22 lebih banyak pengalaman dengan wilayah Eropa. Angkatan Udara sebelumnya telah mengerahkan jet di Jepang dan Korea Selatan. Jet resmi mulai beroperasi pada Desember 2005 dan yang terakhir jet F-22 dikirim ke Angkatan Udara pada tahun 2012. (rol/adj)

Categories