Amerika Punya Banyak Pasokan Minyak, Harga Minyak Dunia Kembali Anjlok

minyak-dunia

Amerika Punya Banyak Pasokan Minyak, Harga Minyak Dunia Kembali Anjlok

Mustanir.com – Harga minyak mentah dunia kembali anjlok pada Kamis (24/3) pagi WIB. Itu terjadi menyusul kelebihan pasokan minyak Amerika Serikat yang menumpuk sejak pekan lalu.

Analis CMC Markets, Jasper Lawler, mengatakan jika kelebihan pasokan minyak AS memperburuk kelebihan pasokan minyak dunia yang masih bertahan dan belum terjual.

“Kondisi tersebut pun diperparah dengan bergerak menguatnya kurs dolar AS. Hal tersebut membuat harga minyak dunia kian tertekan,” ujarnya seperti dilansir Reuters, Kamis (24/3).

Jasper pun mengatakan menurunnya harga minyak mentah dunia diperparah dengan aksi teror bom di Brussle, Belgia pada Selasa (22/3) lalu.

“Pasar minyak pun akhirnya lebih hati-hati dalam melakukan perdagangan di pasar. Aktivitas ekonomi yang paling terdampak adalah di sektor minyak mentah dunia. Serangan tersebut akan mengakibatkan penurunan pada permintaan,” jelasnya

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, merosot 1,66 dolar AS menjadi menetap di 39,79 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, setelah lima sesi berada di atas ambang batas 40 dolar AS.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei, jatuh 1,32 dolar AS menjadi ditutup pada 40,47 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Badan Informasi Energi AS (EIA) melaporkan pada Rabu (23/3). bahwa persediaan minyak mentah Amerika melonjak 9,36 juta barel pada pekan lalu menjadi 532,5 juta barel, 65,9 juta barel lebih besar dari setahun sebelumnya. (monitortoday/adj)

Komentar Mustanir.com

Harga minyak dunia yang menurun dipicu oleh tersedianya minyak mentah di Amerika. Fenomena ini terjadi karena proses alami dalam perdagangan bebas. Hanya saja, turunnya minyak dunia bagi para penambang minyak adalah sebuah kerugian. Demikianlah wajah ekonomi liberal. Tidak semua berjalan baik dan menyejahterakan. Kembali pada ekonomi Islam, maka niscaya akan ada rahmat bagi semuanya.

Categories