AS-Rusia Akan Berbagi Intelijen Untuk Targetkan Jabhah Nusrah

AS-Rusia Akan Berbagi Intelijen Untuk Targetkan Jabhah Nusrah

Mustanir.com – Amerika Serikat sedang mengajukan proposal kepada Rusia untuk berbagi intelijen guna menargetkan Jabhah Nusrah secara khusus, dan menghindari oposisi moderat. Namun, kerjasama militer atau intelijen itu tidak akan didasarkan pada kepercayaan, kata seorang pejabat tinggi militer AS, Senin (25/7).

Sekretaris Negara AS John Kerry mengatakan pada hari Jumat bahwa ia akan bertemu rekan Rusia-nya dalam beberapa hari mendatang untuk membahas usulan Amerika untuk kerjasama militer yang lebih dekat dan berbagi intelijen di Suriah.

Proposal kerjasama yang diharapkan Washington dan Moskow akan berbagi intelijen untuk mengkoordinasikan serangan udara terhadap Jabhah Nusrah yang berafiliasi kepada Al-Qaidah dan melarang angkatan udara Suriah menyerang kelompok pemberontak moderat.

Namun, proposal telah berakhir dalam skeptisisme yang mendalam oleh top pejabat militer dan intelijen Amerika.

“Kami tidak masuk ke dalam transaksi yang didirikan pada kepercayaan,” Jenderal Angkatan Laut dan Ketua Gabungan Kepala Staf Joseph Dunford mengatakan pada konferensi pers bersama Menteri Pertahanan AS Carter.

Negosiasi Kerry dengan Rusia, menurut Carter, didasarkan pada kepentingan bersama sejauh dan kapan Amerika Serikat dapat mengidentifikasi Rusia.

Banyak pejabat AS khawatir bahwa berbagi intelijen dengan Rusia bisa mengambil risiko mengungkapkan sumber, metode dan kemampuan intelijen AS. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Sesama negara musuh Islam yang biasanya perang dingin ini, kini melakukan kerja sama demi kepentingan yang sama, yakni melenyapkan perjuangan jihad kaum muslimin di Suriah. Takutlah pada siksa ALlah wahai musuh-musuh ALlah. ALlah adalah sebaik-baik pembuat makar.

Categories