Berfikirlah, Maka Anda Akan Merubah Dunia

Berfikirlah, Maka Anda Akan Merubah Dunia

MUSTANIR.COM – Saat ini kondisi dunia tidak semakin aman, tenteram dan damai. Hal ini disebabkan oleh penerapan sistem kapitalisme global. Sistem ini bersumber dari kejeniusan akal manusia. Sistem ini meracuni masyarakat dunia dan sekaligus merusak pemikiran manusia. Akibatnya manusia menjalankan kehidupan mereka dengan kehendak mereka, mengatur dunia dengan hawa nafsunya.

Manusia yang pada hakikatnya tidak bisa mengatur dirinya sendiri. Tidak bisa menilai bagi dan buruk perbuatannya. Baik dirinya sebagai individu, kelompok atau sebagai anggota masyarakat. Manusia hakikatnya memiliki sifat lemah, terbatas, serba kurang, serta ketergantungan, tentu tidak akan bisa mengatur hidupnya sendiri. Oleh karena itu manusia akan membutuhkan sesuatu yang tidak lemah, tidak terbatas, apalagi bergantung pada yang lain. Dialah Sang Maha Pencipta tempat bergantungnya manusia yang lemah dan terbatas ini.

Namun ada beberapa pertanyaan yang paling mendasar yang harus dijawab oleh manusia agar manusia bisa yakin bahwa kerusakan dan kehancuran dunia ini disebabkan oleh aturan yang diterapkan tidak bersumber dari Sang Maha Pencipta. Menjawab pertanyaan ini dengan benar akan menjadikan manusia mendapatkan jawaban yang benar sekaligus menjadi solusi bagi masalah dunia saat ini dan sekaligus mengantarkannya pada kebahagian yang hakiki.

Apa pertanyaan mendasar yang harus dijawab oleh manusia, agar manusia bisa menyelesaikan problematika mereka. Manusia harus berfikir keras untuk menjawab pertanyaan ini secara benar. Pertanyaan itu adalah:

– Dari Mana Asal muasal manusia, alam semesta, dan kehidupan ini?

– Untuk Apa manusia berada didunia ini?

– Akan kemana setelah manusia, alam semesta dan kehidupan ini hancur?

– Apa hubungannya manusia, alam semesta dan kehidupan ini dengan sesuatu yang ada sebelum manusia, alam semesta dan kehidupan ini ada?

– Apa hubungannya manusia, alam semesta dan kehidupan ini dengan sesuatu yang ada sesudah manusia, alam semesta, dan kehidupan ini hancur?
 
Diatas adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab manusia agar manusia dapat mengetahui dari mana asalnya, dan apa tujuan hidupnya, serta manusia juga dapat mengetahui apakah ada aturan untuk menjalani kehidupan ini, serta dapat mengatuhui pula aturan siapa yang berhak diterapkan untuk mengatur kehidupan mereka.

Pertanyaan selanjutnya lalu bagaimana metode yang sahih untuk menjawab pertanyaan diatas agar jawaban dan metode itu bisa berlaku dan mengikat setiap manusia. Tanpa memandang lagi apa agamanya, keyakinannya. Jawabannya adalah manusia harus terlebih dahulu memahami dan mendefinisikan akal sebelum mendefinisikan metode berpikir. Dan definisi akal ini harus juga mengikat semua manusia sekaligus meyakinkan dan pasti benar. Karena dengan definisi tersebut manusia akan menentukan metode berpikir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar diatas. Seketika manusia mendapatkan jawaban yang pasti benar terhadap pertanyaan-pertanyaan mendasar diatas.

Maka manusia akan mengalami kebangkitan, kehidupan ini akan menjadi baik, dan tentunya dunia akan menjadi tenteram dan damai serta kehidupan akan menjadi berkah. Sekaligus mengantarkan pelakunya kepada kebahagiaan hakiki. Tidak hanya didunia namun juga kehidupan setelah manusia dan alam semesta ini tiada. Wallahu ‘alam. [rs]

Categories