Rapat Paripurna Terakhir DPR

Rapat Paripurna Terakhir DPR

Biaya yang Dikeluarkan untuk Pelantikan Anggota DPR

MUSTANIR.net – Biaya pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mencapai Rp1 miliar. Anggaran tersebut dikeluarkan dari anggaran rutin DPR, dan belum termasuk pelantikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Menurut Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, tidak ada anggaran khusus yang dikeluarkan. “Ini semua anggaran rutin, enggak ada anggaran khusus. Cuma urusan kembang, interior. Sekitar Rp1 miliar saja. Untuk DPR saja. DPD dan MPR beda lagi,” katanya, seperti dikutip dari VIVAnews.

Indra menyebutkan, acara pelantikan ini masih menjadi acara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kesetjenan DPR hanya membantu memfasilitasi. “Sampai jam 11.40 WIB masih acara KPU,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, gladi bersih pelantikan anggota DPR hanya dihadiri perwakilan anggota DPR tertua dan termuda, sehingga tak menyertakan anggota. Faktor keselamatan anggota juga menjadi pertimbangan mengingat masih terjadi aksi demonstrasi.

Untuk efisiensi saya minta anggota-anggota untuk istirahat cukup sehingga besok bisa dilakukan dengan baik,” ujar Indra.

Adapun pelantikan anggota DPR RI akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Ia menjelaskan, pelantikan diawali pengambilan sumpah anggota DPR, DPD, dan diakhiri MPR.

Lalu, DPR akan serah terima memori dari pimpinan DPR yang lama kepada pimpinan DPR sementara kepada yang tertua dan termuda.

“Untuk anggota memang sudah kami imbau semua besok mandatory-nya semua mengikuti aturan kami kesetjenan. Jadi semua jam 07.00 WIB sudah berangkat dari titik-titik penginapan semua,” jelasnya.

Jadi semua nanti sarapan dan sebagainya akan kami atur di sini, di kompleks parlemen, bukan di hotel. Jadi lebih awal berangkat jam 07.00 WIB, tapi acara semua tetap sesuai jadwal kami mulai jam 10.00 WIB setelah kedatangan Presiden dan Wakil Presiden,” tutur Indra.

Pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang baru akan ditetapkan pada Selasa, 1 Oktober 2019. Penetapan dilakukan setelah pelantikan anggota MPR/DPR/DPD.

Ia pun memastikan penetapan dan pelantikan pimpinan DPR selambat-lambatnya Selasa malam, 1 Oktober atau Rabu pagi, 2 Oktober 2019. Setelah pelantikan anggota, Indra menjelaskan, agenda dilanjutkan dengan rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang terdiri atas semua fraksi.[]

Sumber: VIVA

Baca Juga:

Categories