Dua Muslim Digantung oleh Masyarakat Intoleran Hindu India

ilustrasi-gantung-diri1

Dua Muslim Digantung oleh Masyarakat Intoleran Hindu India

Mustanir.com – Kekerasan terhadap minoritas Muslim India kembali terjadi. Dua warga Muslim tewas digantung karena memperjualbelikan sapi. Pelaku diduga pengikut ekstremis Hindu yang mensucikan hewan sapi.

Menurut surat kabar Hindustan Times, seperti dilansir Reuters Arabic pada Ahad (20/03), dua jasad warga Muslim itu ditemukan di daerah Atihar, provinsi Jihar, Jumat lalu (18/03). Kondisinya mengenaskan, dengan leher tergantung di pohon.

Belakangan dikenali kedua jasad tersebut adalah Madzlumun Al-Anshar (32) dan anaknya Imtiyaz Khan (13). Anshar dikenal sebagai pedagang sapi dari distrik Balomat. Tempatnya tinggal beberapa bulan terakhir menyaksikan kekerasan antara umat Islam dan pengikut Hindu akibat masalah sapi.

Seperti diketahui, pengikut Hindu India menjadikan sapi sebagai titisan dewa. Hewan tersebut tak boleh disakiti, apalagi disembelih. Mereka memberlakukan hewan tersebut seakan titisan tuhan.

Pembunuhan itu memicu kemarahan warga Muslim. Mereka turun ke jalan memprotes pihak berwenang menangkap pelaku pembunuhan. Bentrokan sempat terjadi yang mengakibatkan lima anggota polisi luka-luka.

Sementara itu, polisi mengaku menangkap lima tersangka terkait pembunuhan itu. Menurut keterangan kepala polisi setempat, saat ini pihaknya masih terus melakkukan pengejaran.

“Sampai saat ini, kami belum mengetahui keterkaitan pelaku dengan kelompok Hindu Ekstrem. Kami masih melakukan pendalaman,” kata keterangan polisi setempat.

Ketegangan antara Muslim dan Hindu beberapa bulan terakhir meningkat di India. Banyak warga Muslim menjadi korban, hanya lantaran mengonsumsi daging sapi.

Meningkatnya kejahatan yang dilakukan Ekstremis Hindu terhadap warga Muslim tak lepas dari peran pemerintah. Setelah dipimpin pemerintahan baru, peraturan di India dibuat lebih menyudutkan Muslim, terlebih masalah sapi. Sehingga, para Eksremis Hindu seakan mendapat pembenaran menargetkan para pengonsumsi sapi. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Sungguh penyelesaian konflik dikala umat Islam minoritas pasti akan berakhir dengan kejam. Ini bukan saja peristiwa yang terjadi sekali, tetapi seringkali terjadi intoleran dan diskriminasi hukum dalam kehidupan penyelesaian konflik di India.

Categories