Gerhana Bulan Malam Ini, MUI & Kemenag Ajak Umat Islam Sholat Khusuf

gerhana-bulan-4-april-2015

Gerhana Bulan Malam Ini, MUI & Kemenag Ajak Umat Islam Sholat Khusuf

Mustanir – Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya pada Sabtu petang tanggal 4 April 2015 nanti. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat muslim untuk menggunakan momen ini dengan melaksanakan sholat gerhana bulan atau sholat khusuf.

“Sehubungan Gerhana Bulan pada Sabtu 4 April, kepada umat Islam diserukan untuk menunaikan Shalat Khusuful Qamar di masjid/mushalla/rumah,” ujar Ketua MUI Pusat, Din Syamsuddin, pada Sabtu (4/4/2015) seperti dilansir detikcom.

Selain di Jakarta, GBT ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Indonesia barat, GBT akan mulai terjadi pada pukul 17.16 WIB-20.45 WIB. Untuk Indonesia tengah, GBT akan terjadi pukul 18.16 Wita-21.45 Wita. Sedangkan untuk GBT di Indonesia timur akan terjadi pada pukul 19.16 WIT-22.45 WIT.

“Tata caranya berjama’ah dua rakaat, dengan pada setiap raka’at dua kali berdiri dan dua kali ruku’, kemudian sujud seperti biasa. Setelah sholat dilakukan khutbah mengingat kemahakuasaan Allah dan kelemahan manusia, serta kondisi kehidupan kebangsaan kita dewasa ini,” jelas Din.

Tidak hanya MUI, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Machasin juga mengajak dan mengimbau umat Islam agar menunaikan sholat sunah gerhana atau sholat khusuf.

“Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam mengimbau kepada umat Islam untuk melakukan sholat sunah gerhana secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan (sunnah makkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu,” kata Machasin, pada Jum’at (3/4/2015).

Tak hanya sholat, masyarakat juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, istighfar, bersedekah dan berdoa. “(Selain itu) dianjurkan melakukan amal-amal kebijakan lainnya,” tutup Machasin.

Seperti diberitakan Mustanir.com sebelumnya, fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di Jakarta pada Sabtu petang tanggal 4 April 2015. Selain di Jakarta, gerhana bulan ini bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia. (Baca: Gerhana Bulan Malam Ini Dan Tata Cara Sholat Gerhana)

“Di seluruh wilayah Indonesia bisa melihatnya, baik di Indonesia bagian barat, Indonesia tengah dan Indonesia timur,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin pada Kamis (2/4/2015) seperti dilansir detikcom.

Saat gerhana terjadi warna bulan akan berubah menjadi semerah darah. Fenomena ini biasanya disebut sebagai blood moon. Sebelumnya, fenomena blood moon pernah terjadi di Indonesia pada bulan Oktober 2014 lalu. (panjimas/adj)

Categories