Iriana Dicela di Instagram, Harus Diselidiki Secara Mendalam

Foto: Rachman Haryanto detik.com

MUSTANIR.COM, Jakarta – Media massa diramaikan oleh screenshot yang menampilkan penghinaan terhadap Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Pihak kepolisian mengaku akan melakukan penyelidikan tentang dugaan adanya unsur pidana.

“Akan diselidiki,” kata Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, saat dimintai tanggapan mengenai adanya kasus tersebut, Jumat (8/9/2017).

Sebelumnya, pihak istana mengimbau agar masyarakat jangan saling menghina. “Biar saja, urusan anulah. Kita kan nggak boleh saling menghina,” ujar Menteri-Sekretaris Negara Pratikno di The Sultan Hotel, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (8/9).

Seperti diketahui, screenshot yang beredar itu berasal dari akun Instagram warga_biasa. Akun itu sendiri sekarang sudah hilang. Ada foto Iriana berjilbab yang ditampilkan dengan kata-kata hinaan.

Kasus ini menjadi ramai diperbincangkan saat akun twitter @HomeMarshel me-mention akun @chili_pari milik putra sulung Jokowi dan Iriana, Gibran Rakabuming tentang unggahan tersebut. Dalam foto itu, Iriana menggunakan kerudung disertai keterangan bernada mencela. [news.detik.com, 9/9/2017]

Menanggapi ini, redaktur mustanir mengatakan bahwa ujaran kebencian atau hate speech memang sedang menjadi dagangan laris di tengah masyarakat kita. Tak sedikit juga yang telah terpidana karena kasus pencemaran nama baik. Ini harus terus disosialisasikan ke masyarakat agar tidak mudah mengumbar hate speech. Akan tetapi yang lebih harus ditekankan lagi adalah agar tidak ada yang menjadikan hate speech sebagai alat untuk memfitnah pihak tertentu. Ini lebih berbahaya lagi. [ysf]

Baca juga: http://www.mustanir.com/zaman-fitnah-susah-bedakan-antara-haq-dan-hoax/

Categories