ISIS Tanggung Jawab atas Insiden di London

ISIS Tanggung Jawab atas Insiden  di London

MUSTANIR.COM, London – Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) mengumumkan bertanggung jawab atas serangan di depan Gedung Parlemen Inggris (Istana Westminster) di ibukota London, Rabu lalu (22/03). Seorang polisi dan dua pejalan kaki tewas akibat serangan menggunakan mobil dan pisau itu.

“Pelaku serangan kemarin di depan Parlemen Inggris di London adalah tentara Daulah Islamiyah,” kata kantor berita resmi ISIS, Wakalah A’maq, Kamis (23/03), seperti dinukil France24.com.

Operasi ini, imbuh media ISIS, menyambut seruan untuk menargetkan warga negara-negara koalisi internasional pimpinan AS. Seperti diketahui, Inggris sekutu utama AS dan menerjunkan pasukan ke Irak dalam rangka memerangi ISIS.

Seorang laki-laki pengendara mobil, Rabu siang, menabrak sejumlah pejalan kaki di depan gedung Parlemen Westminter. Kemudian dia keluar dari mobilnya dan menyerang polisi dengan pisau. Sejumlah tusukan dilayangkan sehingga menyebabkan polisi itu tewas bersimbah darah. Anggota polisi lainnya yang berdatangan segera bertindak dan melumpuhkannya dalam keadaan tewas.

Tiga orang, satu di antaranya polisi, dipastikan tewas akibat serangan ini. Sejumlah lainnya luka-luka, yang mayoritas pejalan kaki.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa pelaku sudah dikenal di Dinas Intelijen negara.

Perlu diketahui, ini merupakan serangan pertama ISIS di jantung Inggris. Meski hanya menyebabkan korban sedikit dan itupun mayoritas sipil, serangan ini dinilai menjadi pukulan bagi negara tersebut. (rs)

sumber : kiblat.net

Categories