Kemenlu: Indonesia Tidak Punya Hubungan Diplomatik Dengan Israel

pebulu-tangkis-israel-misha-zilberman-

Kemenlu: Indonesia Tidak Punya Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Mustanir.com – Kehadiran pebulutangkis asal Israel di kejuaraan bulu tangkis internasional di Istora Senayan Jakarta mengundang tanda tanya. Namun Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia mengatakan, Indonesia merupakan tuan rumah acara ini sehingga harus menerima semua anggota kompetisi.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Akhirnya Beri Visa Kepada Pebulutangkis Israel

Juru bicara Kemenlu Arrmanantha Nasir mengatakan, dalam kasus kejuaraan bulutangkis ini Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Sehingga menurutnya, sebagai tuan rumah Indonesia mau tak mau harus menerima semua peserta kejuaraan.

Baca Juga: Penolakan Terhadap Atlet Israel Yang Datang Ke Indonesia

“Kita kan hanya tuan rumah, penyelenggaranya bukan kita. Jadi kita harus terima semua, kalau tidak bisa jadi kita malah tidak jadi tuan rumah,” kata pria yang akrab disapa Tata tersebut kepada Republika, Selasa (11/8).

Tata menambahkan, lolosnya pebulutangkis asal Israel murni karena Indonesia sebagai tuan rumah dan tak mencerminkan sikap diplomatik Indonesia. “Ini bukan sikap diplomatik kita, karena kita memang tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel,” ujarnya.

Komentar Mustanir.com

Indonesia sejak masa Presiden Sokarno sudah menjadi negara yang sedari awal menolak kehadiran Israel diatas tanah Palestina. Indonesia sebagai ‘negara berdaulat’ pada akhirnya tidak bisa menahan intervensi BWF. Padahal BWF hanyalah sebuah lembaga yang tidak setara dengan Indonesia. Apakah Indonesia saat ini masih bisa disebut sebagai negara yang independen dan berdaulat? Sehebat apa BWF hingga akhirnya dapat mengintervensi Indonesia sebagai sebuah negara yang berdaulat?

Categories