Ketegangan India dan Pakistan Memanas

Ketegangan India dan Pakistan Memanas

Dilansir dari Reuters Arabic, India mengatakan akan mengusir sejumlah diplomat Pakistan yang bertugas di New Delhi atas tuduhan mata-mata. Para diplomat dituduh bertugas ganda memata-mata operasi India di sepanjang perbatasan dengan Pakistan, termasuk Kashmir.

Beberapa saat kemudian, Departemen Luar Negeri Pakistan membalas pernyataan itu dengan mengultimatum diplomat India, Surjet Sing, untuk segera meninggalkan Pakistan. Batas ultimatum ini selama 48 jam sejam diumumkan.

Kepolisian India mengatakan, pihaknya menahan diplomat Pakistan pada Rabu di depan pintu gerbang kebun binatang di ibukota New Delhi. Menurut polisi India, dilpomat itu tengah menemui dua warga India yang diyakini direkrut untuk misi mata-mata.

Pernyataan itu mengklaim, polisi menemukan dokumen palsu dan peta untuk mengerahkan pasukan serta daftar pasukan yang dikirim di sepanjang perbatasan India-Pakistan, dari ketiga orang tersebut.

Sementara itu, juru bicara dephan Pakistan membantah tuduhan India itu. Dalam pernyatannya, Pakistan mengaku tidak memberikan tugas ganda pada diplomat.

Soal pengusiran diplomat India, Dephan Pakistan mengaku bahwa Surjet Sing terlibat aktivitas yang membahaykan perjanjian Jenewa soal kedaulatan negara. Pemerintah India menanggapai hal ini dengan mengatakan akan mempelajari lebih lanjut. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Persengketaan yang terjadi antara Pakistan dan India ini adalah persengketaan lama. Bukan hanya faktor politik dan agama yang bermain disana, tetapi juga faktor kepentingan asing di dalamnya. Meletusnya konflik antara India dan Pakistan, tidak bisa dipungkiri ada campur-tangan Asing untuk kepentingan Imperialisme mereka di negara dunia ketiga.

Categories